Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Android

Mahdaf Webs - Seperti yang kita ketahui, bahwa semua orang telah menggunakan internet, baik seperti sosmed atau mbah Google atau Wikipedia ataupun yang lainnya. Sehingga internet seolah-olah sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa kita lepaskan.

Namun, setiap tahunya biaya internet semakin naik dan jika kita tidak melakukan antisipasi kita akan miskin kuota data karena kekurangan biaya untuk membeli paket data internet. Maka dari itu, kamu harus melakukan penghematan memakai kuota internet atau kamu bisa memanfaatkan WiFi gratis di sekitar kamu.   
sumber: www.xl.co.id
Dan Bagaimana cara/tips super menghemat kuota data internet di android?  Berikut Mahdaf akan mengulas cara menghemat kuota internet android.

Cara Zuper Menghemat Kuota Internet Android

  • 1. Nonaktifkan Fitur Notifikasi

Tiap aplikasi yang terpasang di Android, pasti fitur notifikasi-nya aktif dan jika kamu berharap kuotanya tidak cepat habis, lebih baik menonaktifkan fitur tersebut. 

Caranya yaitu:
Masuk ke PengaturanManager Aplikasi/Aplikasi Terinstal (tergantung HPnya) 》pilih aplikasi atau game yang ingin kamu nonaktifkan dan hilangkan izin aplikasi unuk menampilkan notifikasi. 

  • 2. Atur Batas Pada Penggunaan Data



Mengapa saya membeli kuota belum lama, namun kok cepat sekali habisnya? Mungkin saja itu sebab kamu secara tak sadar memakai koneksi dunia online secara berlebih tanpa disadari. Untuk itu penting sekali kamu melakukan pengontrolan batas supaya kuota yang kamu pakai dapat ditekan seminimal mungkin.

Caranya yaitu:
masuk ke Pengaturan 》pilih Penggunaan Data 》centang pada Data Seluler 》dan atur batas sesuai yang kamu inginkan.

  • 3. Gunakanlah Browser yang Hemat Data

Opera Mini (Image: iblogger.id)
Bila kamu orang yang menyukai searching mencari sesuatu di dunia online, pakailah browser yang mempunyai teknologi kompres data supaya kuota dapat lebih irit.

Dalam hal ini, Lebih bagus menggunakan browser Opera Mini dibanding Chrome atau UC Browser. UC browser juga sudah baik sebab memiliki fitur Cloud. Tapi, untuk penghematan super masih lebih bagus menggunakan opera mini.

  • 4. Matikan Data Seluler ketika Tidur

Image: internet
Apakah kamu tahu yang dijalankan smartphone dikala android tidur? Rupanya ponsel android kita senantiasa menghabiskan kuota 10% - 20% kalau masih terhubung ke internet. Itu lantaran android kita terhubung ke internet dan senantiasa men-download notifkasi dari game atau aplikasi chat lain. jadi sebaiknya kalau android kamu tidak dipakai lebih baik data seluler kamu matikan saja.

Apabila kamu matikan data seluler, bukan kuota data saja yang akan hemat, tetapi daya baterai juga nantinya lebih bisa hemat. caranya yaitu:
Masuk Pengaturan 》pilih Penggunaan Data 》hilangkan centang pada Data Seluler.

  • 5. Kurangi Penggunaan Aplikasi/Game Online

Bijaklah dalam penggunaan aplikasi / games yang kamu gunakan. Maksudnya bijak adalah jika kamu memiliki aplikasi Chat seperti BBM, maka sebaiknya tidak perlu untuk men-download juga aplikasi chat lain seperti Line, Whatsapp atau yang lainya. Namun kalau menurut Mahdaf, Whatsapp lebih hemat data daripada BBM.

Mainkanlah satu saja game online, seperti jika kamu sudah memiliki game Mobile Legend, buat apa mengunduh game lain yang online juga kan.? Nanti kuota kamu akan cepat habis, ini yang harus kamu pertimbangkan.

  • 6. Matikan Automatic Update Play Store

Bila kamu mengunduh aplikasi di play store. Pasti akan ada update terbaru dari aplikasi yang kamu gunakan, dan secara otomatis mengunduh update tersebut. kamu bisa membatasinya dengan menggunakan WiFi saja, sehingga kamu bisa menghemat paket kuota internet yang digunakan.

Caranya yaitu:
Masuk Ke PlayStore 》pilih Setelan 》tap atur pada pilihan "perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui WIFI".

  • 7. Gunakan Data Saver

Bagi kamu yang menyukai browsing menggunakan Chrome, ternyata ada juga cara agar lebih berhemat yaitu dengan mangaktifkan Data Saver, dengan ini Browser Chrome akan mengkompres setiap data laman web yang masuk 40% sampai 50%.

Jadi bisa lebih hemat kan? untuk mengaktifkan fitur ini, Caranya yaitu :
Masuk ke Chrome 》pilih Setelan Kurangi Penggunaan Data 》dan pilih Aktifkan. Atau kamu juga bisa browsing internet hemat kuota dengan web besutan Google (baca dsini.

  • 8. Hapus Aplikasi yang Terlalu Banyak Memakan Data

Tiap aplikasi diciptakan mempunyai fitur kemudahanya sendiri-sendiri dan ada sebagian aplikasi yang sengaja diciptakan supaya lebih gampang terkoneksi ke internet. Kalau telah demikian tentu saja kuota internet yang jadi korban.
Sebaiknya kamu lakukan pengecekan terhadap sebagian aplikasi yang amat boros dengan kuota. caranya yaitu:
Masuk ke PengaturanPenggunaan Data 》Scroll kebawah dan lihat daftar aplikasi yang menyedot data sangat banyak 》lalu hapus aplikasi yang boros data dengan masuk PengaturanManager Aplikasi 》Pilih aplikasi yang dihapus 》Hapus Instalan.

  • 9. Nonaktifkan Sinkronisasi yang Tidak Perlu

Image: datasymphony.com.au
Ada lagi trik jitu menghemat kuota internet android agar tidak boros, yaitu dengan menonaktifkan sinkronisasi dari aplikasi yang tidak berguna.

Terkadang kita mempunyai banyak aplikasi terinstal dan sayangnya aplikasi tersebut juga ikut menggunakan kuota internet. Untuk itu kamu perlu menonaktifkan fitur tersebut caranya yaitu:
Masuk ke Pengaturan 》pilih Akun 》 dan pilih akun yang ingin kamu nonaktifkan sinkroninasinya.

  • 10. Batasi Penggunaan Data Latar Belakang Pada Aplikasi

Selain tips di atas ada lagi cara untuk menghemat pemakaian kuota data kamu, yakni dengan mengatur pemakaian data pada suatu aplikasi yang dianggap paling boros kuota. Dengan trik ini, kamu dapat mengurangi dan mengatur pemakaian kuota internet kamu. Fitur ini juga bisa menghentikan aplikasi yang tergantung pada data latar belakang yang berfungsi ketika WiFi tak tersedia

Anda dapat melakukannya dengan cara dibawah ini. Caranya cukup mudah yaitu:
Masuk PengaturanPenggunaan Data 》Pilih aplikasi yang akan anda batasi penggunaan data 》Batasi Data Latar Belakang 》Klik OK.

Selain 10 cara diatas ada lagi caranya. Apabila di sekitar lingkungan kamu terdapat jaringan WiFi Gratis, gunakanlah WiFi tersebut untuk menghemat kuota data ataupun kamu tidak usah lagi membeli paket data. Atau bisa menggunakan aplikasi penghasil pulsa, yang nantinya jika terkumpul banyak bisa ditukarkan untuk membeli paket data internet. Untuk caranya, kamu dapat membaca artikel ini.

Demikian, untuk tips menghemat kuota data internet. Dengan artikel diatas, semoga kuota anda tidak cepat habis. Semoga bermanfaat!

2 comments for "10 Cara Ampuh Menghemat Kuota Internet Android"

Berkomentarlah dengan sopan. Kami akan menjawabnya dengan senang hati. Untuk menghindari spam, komentar akan kami moderasi.