Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pakai VPN Tanpa Aplikasi di Android 100% Work 2021

Mahdaf Webs - Pemerintah melalui kominfo telah lama melakukan kebijakan pembatasan penggunaan internet. 

Hal ini menyebabkan banyak situs atau website yang diblokir dan tidak bisa diakses oleh penggunaan internet di Indonesia. 

Solusi mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan virtual private server, atau biasa disebut dengan VPN. 

Dengan VPN, kamu bisa membuka situs yang diblokir oleh pemerintah. Seperti membuka situs download film terbaik maupun nonton anime.

Untuk memakai VPN dibutuhkan aplikasi. Namun tanpa memasang aplikasi VPN pun sebenarnya udah bisa. Menggunakan VPN bawaan Android. 

Kamu bisa hemat memori penyimpanan kamu tanpa install VPN. Ada cara pakai VPN di Android tanpa aplikasi yang banyak orang tidak mengetahuinya. Tinggal mengaktifkan vpn di pengaturan smartphone. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan VPN tanpa aplikasi di Android? Berikut Mahdaf uraikan semuanya... 

Apa itu VPN? 

Cara pakai vpn tanpa aplikasi di HP
Ilustrasi VPN (Source: unsplash) 
Sesuai dengan namanya, VPN menyediakan jaringan virtual yang bersifat pribadi sehingga kita dapat terhubung ke internet dengan cara yang aman dan terjamin. 

Pada dasarnya, tujuan dari VPN adalah menjaga kerahasiaan informasi pribadi. Ini biasanya terdapat pada VPN premium alias berbayar dengan biaya langganan tertentu. 

Cara Kerja VPN

Dikutip dari tirto.id, VPN bekerja dengan merutekan koneksi internet perangkat kamu melalui server pribadi VPN yang telah dipilih. VPN bukanlah penyedia layanan internet (ISP) sehingga ketika sebuah data dikirim ke internet, data tersebut berasal dari VPN, bukan komputer kamu. 

VPN bertindak sebagai perantara saat terhubung ke internet. Dengan demikian, VPN dapat menyembunyikan alamat IP--rangkaian nomor yang diberikan ISP pada perangkat-- dan melindungi identitas kamu. 

Selain itu, jika data tersebut ‘dicegat’, data tidak akan dapat dibaca hingga mencapai tujuan akhirnya. VPN akan membuat "terowongan" pribadi dari perangkat kamu ke internet dan menyembunyikan data penting melalui sesuatu yang dikenal sebagai enkripsi. 

Enkripsi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana sebuah data dirahasiakan saat menggunakan VPN. Enkripsi dapat menyembunyikan informasi sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca tanpa kata sandi yang sangat kuat atau dikenal sebagai kunci.

Baca juga: 7+ Situs Download Film Gratis 2021

Namun perlu berhati-hati karena saat ini banyak penyedia vpn gratis yang dapat mengambil informasi data kamu dan mungkin membanjiri trafik internet kamu dengan iklan. 

Langkah langkah Pakai VPN Tanpa Aplikasi di HP Android

Nah, berikut ini langkah cara menggunakan VPN di android tanpa aplikasi. Bisa kamu coba di semua tipe smartphone Android.

Buka Pengaturan

Masuk ke pengaturan atau setelan hape android kamu. Mungkin beberapa hp pengaturannya agak berbeda, tapi intinya sama kok. 

Konfigurasikan VPN

Lalu pilih bagian VPN. Atau jika tidak ada pilih  konek & berbagi lalu pilih VPN. 

Cara menggunakan VPN tanpa instal aplikasi di HP android, pakai vpn tanpa aplikasi

Lalu klik tanda plus tambah VPN. Nah, disini kamu harus mengisi konfigurasi VPN dengan benar dan memanfaatkan penyedia layanan VPN gratis. 

Kali ini Mahdaf memakai penyedia PPTP VPN gratis, yakni vpnbook gratis. Kemudian isi seperti berikut:

Nama: mahfafvpn 

Jenis: PPPTP

Alamat server: de4.vpnbook.com

Nama pengguna: vpnbook

Sandi: mbu9wsa

Konfigurasi Vpn gratis tanpa aplikasi
Beberapa pilihan alamat server negara lain:

PL226.vpnbook.com (PL VPN) 

DE4.vpnbook.com (France VPN) 

us1.vpnbook.com (US VPN - optimized for fast web surfing; no p2p downloading)

fr1.vpnbook.com (France VPN - optimized for fast web surfing; no p2p downloading)

fr8.vpnbook.com (France VPN - optimized for fast web surfing; no p2p downloading)

Centang bagian enskripsi PPP dan tak usah mencetang opsi lanjutan. 

Klik tanda centang di pojok sampai atas bila semuanya sudah terisi. 

Hubungkan VPN

Lalu bila sudah, kamu bisa sambungkan vpnnya. Jika muncul logo VPN di samping data seluler dan muncul tulisan terhubung, maka kamu sudah berhasil terkoneksi dengan VPN. 

Cara pakai vpn tanpa aplikasi di HP

Nonaktifkan VPN di pengaturan kalau ingin mematikan koneksi dengan VPN. 

Sangat mudah sekali bukan? 

Kita tak perlu susah memakai aplikasi dan tak perlu install aplikasi VPN di smartphone sehingga kita dapat menghemat memori penyimpanan kita. Dan bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin memakai vpn tapi memori hpnya penuh. 

Informasi Tambahan

Perlu diingat, tetap gunakan vpn dengan baik ya. Vpn gratis ini mungkin bisa mengambil data privasi internet kamu. Jadi tetap hati hati dan gunakan dengan bijak. 

Jangan memakai vpn gratis untuk mengakses hal penting, seperti akun google, internet banking, mobile banking, PayPal dan sebagainya. 

Mahdaf tidak bertanggung jawab kalo ada resiko dari cara ini. Kami hanya sebatas membagi cara ini tidak memaksa kamu melakukannya. 

Jadi cukup sekian artikel tentang cara pakai vpn tanpa aplikasi di HP ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :) 

Post a Comment for "Cara Pakai VPN Tanpa Aplikasi di Android 100% Work 2021 "