Sharing Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

Cara Mudah Kompress dan Ekstrak File Zip atau Rar di Windows


ekstrak file zip atau rar di windows pc
Mahdaf Webs - Di saat sedang menjelajah internet untuk download suatu file ukuran besar, pasti biasanya kamu akan menemui file Rar ataupun Zip. Kedua Ekstensi file tersebut digunakan untuk mengkompres dari suatu file atau beberapa file menjadi ukuran file yang lebih kecil. Jadi lebih mudah untuk mendownload file besar menjadi file kecil. Meskipun sama zip dan rar juga memiliki perbedaan.

Nah, jika kamu ingin membuka file zip atau rar, kamu harus mengekstraknya dulu supaya bisa dibuka secara penuh file yang terbungkus oleh zip/rar.

Selain itu, jika kamu ingin meng-upload atau share file banyak gunakan winrar ini, agar file yang berukuran besar menjadi lebih kecil (kompres).

Dalam tutorial artikel kali ini, Mahdaf akan membagikan bagaimana cara mengubah file besar menjadi file ukuran kecil (kompress) dan cara ekstrak file zip atau rar di Laptop maupun Komputer.

Cara Ekstrak File Zip/Rar di PC

1. Untuk langkah pertama, kamu harus Download dan instal WinRAR atau bila udah punya bisa download versi terbarunya. Nanti pilih 'indonesian' sesuai dengan spesifikasi perangkat (64bit/34bit).
WinRAR for PC Tools by Rarlab
2. Cari dan file ZIP/RAR yang ingin diekstrak.
3. Cukup klik kanan pada file untuk menemukan opsi untuk mengekstrak. Jika kamu ingin mengekstrak file di sana, kamu bisa terus mengklik ‘Extract Here/Ekstrak Disini ’.
ekstrak zip dan rar
4. Ekstraksi cukup cepat jika file RAR di bawah 50 MB. Jika ukuran lebih dari itu, dibutuhkan beberapa detik untuk mengekstrak semua file di dalamnya. Proses nya cepat tinggal tunggu dan file sudah ter ekstrak.
ekstrak file zip rar

Cara Kompress File Besar Menjadi Ukuran Kecil dengan WinRAR

1. Winrar Sudah terpasang di Laptop/komputer kamu dalam versi terbaru seperti cara diatas.
2. Klik kanan pada folder atau file yang akan kamu kompress dan pilih tambah ke arsip/Add to Archive .
cara ubah file ukuran besar menjadi kecil winrar
3. Kemudian akan muncul seperti di gambar dibawah ini, kamu dapat memilih zip/rar/rar4 dan kali ini Mahdaf pilih zip. Kamu juga bisa mengganti nama file atau berbagai pengaturan. Setelah itu klik OK dan tunggu prosesnya.
4. Terakhir file telah berhasil di kompress.

Sangat mudah sekali bukan? Baca juga artikel ekstrak/kompress untuk perangkat Android.

Demikian artikel kali ini, tunggu kelanjutan artikel dari Mahdaf. Semoga bermanfaat untuk semua dan jangan lupa share :)

KeAtas