Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Windows 64 Bit dengan 32 Bit Beserta Kekurangan & Kelebihannya

perbedaan windows 32 bit dan 64 bit beerta kelebihan dan kekurangan
Mahdaf Webs - Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer sekali di Indonesia. Tidak heran apabila banyak pengguna laptop/komputer menggunakan sistem operasi ini. Apa kamu termasuk penggunanya?

Ada banyak jenis dan tipe Windows yang digunakan di Indonesia dan selain itu ada juga basis sistem yang berbeda di antara Windows ini.

Mungkin hal ini pernah kamu dengar, Ada dua basis sistem yang berbeda yaitu 32 bit dan 64 bit. Kebanyakan pengguna tidak memerhatikan basis Windows yang digunakan ini, apakah 32 bit atau 64 bit.

Padahal untuk penggunaan, ada perbedaan di antara keduanya dan perbedaan tersebut akan berdampak pada kinerja PC. Sebenarnya apa saja sih perbedaan serta kelebihan dan kekurangan Windows 32 bit dan 64 bit? Berikut ini penjelasan lengkapnya...
Baca Juga

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit


  • 1. Jumlah RAM yang bisa digunakan
Ram memori komputer, perbedaan windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan yang paling mendasar iaalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda.

Pada Windows berbasis 32 bit mempunyai jumlah batasan RAM yang lebih kecil daripada 64 bit. Windows 32 bit mempunyai batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja lebih optimal disaat memakai RAM 1 atau 2 GB.

Sedangkan pada Windows 64 bit bisa membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB saja. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

  • 2. Performa 32 bit dan 64 bit
Perbedaan basis sistem Windows 32 dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan prosesornya. Tentu saja jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih baru dari pada 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, memiliki kemampuan berada di bawah 64 bit.

Sehingga kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan Windows dan prosesor 64 bit cocok digunakan untuk mengerjakan pekerjaan yang lebih berat misal seperti video editing, desain dan lain-lain.


  • 3. Kemampuan Memproses Data
perbedaan windows 32 bit dengan 64 bit
Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran.

32 bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dimuat adalah sebesar 32 bit. Jadi dalam satu kali pemrosesan data, Windows, dan prosesor 64 bit lebih cepat dan maksimal.

  • 4. Kompatibilatas Software
Perbedaan yang cukup berpengaruh juga adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit tidak akan bisa menjalankan software 64 bit. Sedangkan Windows 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan software 32 maupun 64 bit.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 dan 64 bit

Kelebihan Windows 32 bit

- Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer lawas.
- Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.
- Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas dengan basis 16 bit.

Kekurangan Windows 32 bit

- Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
- Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti CorelDraw atau lainnya.
- Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.

Kelebihan Windows 64 bit

- Lebih cepat dan efisien.
- Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal.
- Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.
- Dapat menjalankan software 32 bit.

Kekurangan Windows 64 bit

- Tidak cocok untuk PC lawas.

Demikian artikel tentang perbedaan windows 64 bit dan 32 bit kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua!

Sumber: JalanTikus