Sharing Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

Cara Mudah Kompress dan Ekstrak File Zip/Rar di Android


cara ekstrak dan kompres zip rar android ekstrak rar android
Mahdaf Webs - Di saat sedang menjelajah internet untuk download suatu file ukuran besar, pasti biasanya kamu akan menemui file Rar ataupun Zip. Kedua Ekstensi file tersebut digunakan untuk mengkompres dari suatu file atau beberapa file menjadi ukuran file yang lebih kecil. Jadi lebih mudah untuk mendownload file besar menjadi file kecil. Meskipun sama zip dan rar juga memiliki perbedaan.

Nah, jika kamu ingin membuka file zip atau rar, kamu harus mengekstraknya dulu supaya bisa dibuka secara penuh file yang terbungkus oleh zip/rar.

Selain itu, jika kamu ingin meng-upload atau share file banyak gunakan winrar ini, agar file yang berukuran besar menjadi lebih kecil (kompres).

Dalam tutorial artikel kali ini, Mahdaf akan membagikan bagaimana cara mengubah file besar menjadi file ukuran kecil (kompress) dan cara ekstrak file zip atau rar di android dengan mudah.

Cara Ekstrak File Zip/Rar di Android

1. Langkah pertama, Pasang aplikasi winrar di Android kamu..
2. Setelah terinstal, Buka aplikasi tersebut dan cari folder dimana kamu menyimpan file zip/rar. Biasanya kalo file download-an ada di folder 'Download'.
3. Setelah menemukan file yang akan di ekstrak, centang pada kotak kemudian klik tombol Extract di atasnya. Untuk lebih lengkap bisa lihat gambar dibawah.
4. Kemudian akan muncul menu seperti gambar dibawah, kamu dapat mengatur dan menempatkan hasil ekstrak nanti. Jika sudah langsung tap OK. dan tunggu sebentar.
5. Kemudian file akan terekstrak dalam beberapa detik.

Cara Kompress File Besar Menjadi Ukuran Kecil di Android


1. Winrar Sudah terpasang di andorid kamu dalalm versi terbaru seperti cara diatas.
2. Buka aplikasi tersebut dan cari folder dimana kamu akan membuat file menjadi zip/rar.
3. Setelah ketemu dengan file nya, centang pada kotak kemudian klik tombol Add to archive di atasnya. Untuk lebih lengkap bisa lihat gambar dibawah.
4. Kemudian akan muncul menu seperti gambar dibawah, kamu dapat mengatur jenis file zip/rar/rar4 dan mengganti nama dll. Jika sudah langsung tap OK. dan tunggu sebentar.
5. Dalam beberapa detik, file akan terkompresi tersimpan.

Sangat mudah sekali bukan? Baca juga artikel ekstrak/kompress untuk perangkat PC.

Demikian artikel kali ini, tunggu kelanjutan artikel dari Mahdaf. Semoga bermanfaat untuk semua dan jangan lupa share :)

KeAtas