Sharing Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

CARA MUDAH MELIHAT TIPE/SPESIFIKASI Laptop atau Komputer


cara cek spesifikasi tipe laptop komputer melihat seri merk komputer laptop, cara mengetahui spek laptop
Mahdaf Webs -  Pada artikel kali ini, Mahdaf akan meng-share bagaimana cara mudah untuk Mengetahui atau Mengecek Spesifikasi/tipe Komputer dan Laptop yang kamu miliki.

Mengecek spesifikasi atau melihat spesifikasi laptop/komputer merupakan sebuah hal yang sebenarnya paling mudah untuk dilakukan. Tetapi, banyak orang yang jarang melihat/mengeceknya sehingga banyak dari mereka yang tidak tahu secara pasti spesifikasi dari  laptop atau komputer yang mereka pakai.

Mengetahui spesifikasi atau tipe dari Laptop atau komputer memang tidak wajib dilakukan, tapi tidak ada salahnya juga melakukan hal tersebut.

Dengan mengetahui seri/tipe laptop/komputer yang dimiliki, kamu bisa menyesuaikan spesifikasi yang ada pada laptop atau komputer untuk menjalankan beberapa softwares atau permainan, ataupun jika ingin menjual laptop/komputer, harus mengerti apa spesifikasi yang dimiliki.

Mengecek RAM, tipe sistem, kecepatan prosesor, memori, merk, CPU dan lain lain.
Baca Juga

Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop

Jika kamu hendak melakukan pengecekan spesifikasi, disini ada beberapa cara spesifikasi komputer dan laptop pada windows xp, windows 7, windows 8 dan windows 10.

1. Cara Pertama - Memanfaatkan sistem Informasi

Kamu dapat memanfaatkan sistem informasi untuk melihat spesifikasi komputer kamu, caranya adalah sebagai berikut:
  • Buka File Explorer dengan cara biasa atau dengan menekan “Windows+E” pada keyboard.
  • Klik pada pilihan This PC, Kemudian silahkan pilih properties.
    cek spesifikasi laptop
  • Setelah itu, kamu pun dapat melihat beberapa informasi mengenai  spesifikasi komputer seperti tipe, kecepatan, besar RAM,dll.
    melihat spesifikasi komputer


2. Cara Kedua - Menggunakan DXdiag

Cara mudah melihat Spesifikasi komputer cara kedua adalah dengan menggunakan DXdiag. Kamu akan melihat berbagai tipe/spesifikasi yang ada didalamnya, lebih lengkap daripada cara pertama.

  • Langkah pertama, buka RUN bisa dengan menekan Windows+R di keyboard.
  • Kemudian, ketikkan kata dxdiag pada kolom.
  • Setelah itu pilih dan klik OK.
  • Kamu pun dapat melihat berbagai informasi mengenai spesifikasi komputer, mulai dari system, display, sound, input. Pada versi system, kamu dapat melihat spesifikasi pada windows baik 64 atau 32 bitnya.
    cek tipe spesifikasi komputer atau laptop

3. Cara Ketiga - Menggunakan CPU-Z

Cara diatas memanfaatkan fitur yang telah disediakan oleh windows. Dalam cara ini, kamu bisa mencoba melihat spesifikasi pada komputer dengan memanfaatkan pihak ketiga.
  • Untuk langkah yang pertama, kamu donwload dan menginstall terlebih dahulu CPU Z pada komputer atau laptop.

  • Setelah melakukan instalasi, buka software tersebut dan anda dapat melihat secara rinci spesifikasi pada komputer atau laptop.
  • Kamu dapat melihat dengan detail mengenai CPU mulai dari nama processor hingga core speed pada kolom CPU.
    cpu-z

  • Untuk dapat melihat informasi dari mainboard komputer atau laptop milikmu, buka kolom main board  yang tersedia pada CPU-Z. Pada kolom type memory, kamu bisa melihat tipe dari memory. sedangkan pada kolom tab SPD, kamu dapat melihat slot  RAM serta beragam informasi mengenai RAM yang lebih detail.

    Itulah artikel mengenai cara paling mudah untuk mengetahui, mengecek atau melihat spesifikasi/tipe komputer dan laptop pada windows. Demikian, semoga bermanfaat dan jangan lupa share :)

    KeAtas