Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Rumus Excel Penting Wajib Dikuasai Oleh Fresh Graduate

Mahdaf Website - Perkembangan zaman yang disertai kemajuan teknologi membuat kita harus dapat beradaptasi atau menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan zaman. Manusia dituntut untuk bisa melakukan tugas-tugas atau pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi. 

Salah satunya ialah menguasai Microsoft Excel. Lulusan Sekolah Menengah Atas Sederajat semestinya sudah bisa memakai rumus Excel dasar yang nantinya berguna untuk tugas kuliah atau tuntutan pekerjaan. 

Seperti yang diketahui, Excel ialah program Microsoft Office yang memudahkan kita untuk keperluan dalam pekerjaan sehari-hari, antara lain: Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisa, meringkas data. Melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

Dalam kesempatan kali ini, Mahdaf akan mengulas tentang rumus Excel penting yang wajib dikuasai oleh lulusan fresh graduate maupun  para pekerja lainnya. 

10 Rumus Excel yang Wajib Dikuasai Fresh Graduate

rumus excel dasar yang penting
Ilustrasi rumus excel dasar (Sumber: Wallstreetmojo.com)

Semua orang di zaman ini, memang dituntut untuk bisa menguasai Microsoft Office, entah itu Word, PowerPoint ataupun Excel. 


Nah pada kali ini, Mahdaf telah mengumpulkan dan merangkum beberapa rumus dasar Excel yang harus kamu kuasai. Tentunya hal ini sangat bermanfaat dan akan menambah skill kamu.
  • 1. CONCATENATE
Yang pertama ini adalah rumus concatenate. Rumus ini biasa digunakan untuk menggabungkan beberapa teks/angka/cell menjadi satu kesatuan. 

Contoh: Akan digabungkan sel A1 dengan kolom B dan dipisahkan dengan tanda spasi untuk membuat nama jalan pada tabel berikut. Karena salah satu sifat semi absolute pada barisnya, referensi sel menjadi A$1 kemudian dapat dibuat rumus Concatenate dengan tambahan tanda spasi sebagai gambar berikut. 

Rumus Excel yang wajib dikuasai
Rumus concatenate (sumber: quora) 
  • 2. VLOOKUP
Selanjutnya rumus ini bernama vlookup. Rumus ini dipakai untuk melihat data secara vertikal (data diurutkan secara vertikal), dengan mengambil nilai dari suatu table_array yang mana daya range referensi terletak pada kolom pertama. Contoh: Sebuah perusahaan ingin membuat daftar hadiah untuk pelanggan berdasarkan status membernya. 

Rumus Excel dasar
Rumus vlookup (sumber: quora) 


  • 3. HLOOKUP
Rumus excel ini digunakan untuk melihat data secara mendatar atau horizontal, dengan mengambil nilai dari suatu table-aray, dimana data range referensi terletak pada baris pertama.

Contoh: Sebuah perusahaan ingin membuat daftar atau tabel harga berdasar jenis grade tiap pelanggannya.
Rumus hlookup 
  • 4. IF
Rumus if ialah rumus yang sering dipakai. Hal ini berguna untuk membandingkan dua kondisi atau lebih dan mengembalikan satu nilai yang akan ditampilkan pada cell. Jika kondisi terpenuhi, evaluasi uji logika benar, dan jika kondisi tidak terpenuhi, evaluasi uji logika salah. 
  • 5. SUM
Rumus sum ini juga sering dipakai untuk menjumlahkan data atau mentotal nilai pada cell yang ditentukan. 
  • 6. AVERAGE
Sedangkan untuk rumus average, digunakan untuk yakni mencari nilai rata-rata dari suatu range tertentu.
  • 7. MIN & MAX
Ya seperti namanya, rumus min digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range, Sedangkan max dipakai untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range.Seperti gambar berikut ini.
rumus excel yang wajib dikuasai
  • 8. COUNTIF
Rumus excel berikutnya ini ialah countif. Berfungsi untuk menghitung jumlah sel pada sebuah range data yang memenuhi kriteria.
rumus excel dasar yang wajib dikuasai
  • 9. LEFT, RIGHT, MID
Berfungsi mengambil beberapa karakter baik dari kiri (left), kanan (right), ataupun tengah (mid). Lihat seperti gambar dibawah ini.
  • 10. VALUE
Rumus excel value ini digunakan untuk mengubah atau mengonversi data teks menjadi numerik, yaitu data angka, tanggal, ataupun waktu.


Rumus Excel diatas adalah rumus dasar yang sangat penting untuk dikuasai oleh semua orang. Tentunya hal ini akan menambah skill kamu dan berguna untuk kehidupan di masa mendatang. Demikianlah artikel rumus Excel penting yang kami bagikan. Jika dirasa bermanfaat, Jangan lupa bagikan informasi ini ke temenmu ya.

Post a Comment for "10 Rumus Excel Penting Wajib Dikuasai Oleh Fresh Graduate"