Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap! Cara Cek DAYA TAMPUNG SBMPTN 2022 LTMPT Terbaru

Mahdaf Webs - Seperti yang diketahui, perguruan tinggi negeri saat ini sedang membuka seleksi masuk dibawah naungan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT. Buat kamu calon mahasiswa lulusan 2022 atau tahun sebelumnya harus segera bersiap menghadapinya untuk masuk ke PTN keinginan kalian.

Sebelumnya, LTMPT telah membuka seleksi rapor SNMPTN yang telah diumumkan 29 Maret kemarin. Bagi kamu yang tidak lolos seleksi jangan khawatir, sebab masih ada lagi jalur UTBK-SBMPTN dan jalur masuk kuliah lainnya.

Kamu dapat segera mempersiapkan pendaftaran melalui portal LTMPT. Tentunya kamu juga harus memilih prodi jurusan yang sesuai dengan minat kamu dengan mempertimbangkan kuota / daya tampung dan ketetatan tiap tahunnya untuk mengetahui peluang kamu. 

Bagi kamu yang kebingungan atau kesulitan mengetahui prodi SBMPTN atau cek daya tampung SBMPTN 2022, disini Mahdaf akan share cara cek daya tampung SBMPTN 2022 lengkap terbaru. Kamu tidak usah menghabiskan waktu meng-cek di web PTN satu persatu, sebab nanti kamu akan bisa melihat LTMPT daya tampung SBMPTN dan peminat-peminat SB di tahun sebelumnya di perguruan tinggi dan politeknik negeri lengkap seluruh Indonesia.

Sekilas SBMPTN 2022

UTBK-SBMPTN adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui sistem tes atau ujian tulis. Seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan pendidikan menengah atas dan lulusan paket C 2020, 2021, atau 2022, dengan maksimal usia 25 tahun per 1 Juli 2022. Siswa yang lolos seleksi SNMPTN tidak bisa mengikuti SBMPTN.

Lokasi tes ditentukan oleh LTMPT, kamu bisa memilih tempat terdekat denganmu. Untuk biaya registrasi dikenakan 200 ribu dan 300 ribu untuk campuran (saintek dan soshum). Pendaftaran melalui portal.ltmpt.ac.id.

Sedangkan jadwal UTBK-SBMPTN 2022 ialah berikut:

Registrasi Akun LTMPT: 14 Februari - 17 Maret 2022

Pendaftaran UTBK-SBMPTN: 23 Maret - 15 April 2022

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang I: 17 - 23 Mei 2022

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Gelombang II: 28 mei - 3 Juni 2022

Pengumuman Hasil SBMPTN: 23 Juni 2022

Masa Unduh Sertifikat UTBK-SBMPTN: 25 Juni - 31 Juli 2022

Cara Cek Daya Tampung SBMPTN 2022 Lengkap LTMPT

cara melihat prodi sbmptn 2022, daya tampung ITB 2022
Cek daya tampung SBMPTN ITB 2022

Untuk melihat prodi apa saja yang dibuka atau daya tampung SBMPTN 2022 kamu bisa melihatnya melalui website LTMPT. Disini sudah disediakan informasi lengkap mengenai kuota, dan peminat di tahun sebelumnya di PTN atau Politeknik negeri seluruh Indonesia.

Melalui portal LTMPT : https://ltmpt.ac.id/?mid=34

Link Daya Tampung dan Peminat PTN SNMPTN 2022

Link Daya Tampung dan Peminat PTN SBMPTN 2022

cara cek daya tampung sbmptn 2022
Prodi SBMPTN UGM 2022

Nah, bisa dilihat gambar diatas. Kamu bisa mengetahui prodi apa saja, baik kelompok soshum ataupun saintek yang dibuka untuk setiap Perguruan Tinggi atau Politeknik Negeri serta daya tampung dan peminat llima tahun terakhir.

Mudah banget bukan caranya?

Tips Memilih Prodi SBMPTN 2022 Agar Lolos

Mungkin diantara kalian masih bingung menentukan jurusan pertama dan kedua agar lolos seleksi? Tenang, kamu bisa memerhatikan tips dan cara memilih prodi SBMPTN 2022 yang akan dibagikan di bawah ini.

Jika kamu ingin masuk kampus impian lewat jalur SBMPTN, tentu saja ada strategi yang harus dipersiapkan. Kamu harus menentukan jurusan pilihan pertama dan kedua saat mendaftar SBMPTN 2022.

Sebab, komposisi program studi juga sangat menentukan kelulusan. Memilih jurusan kuliah memang tidak semudah yang dibayangkan, terlebih saat mendaftar SBMPTN 2022. Namun, yang terpenting adalah kamu harus memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat yang terdapat dalam diri kamu.

Seperti yang kalian ketahui, jalur SBMPTN berbeda dengan SNMPTN. Jika pada jalur SNMPTN kamu harus memilih PTN berdasarkan provinsi yang sama dengan sekolah, maka pada SBMPTN kamu bebas menentukan jurusan dan PTN yang kamu inginkan di seluruh Indonesia.

  • Jurusan Pertama

Jurusan pertama adalah pilihan prioritas. Jadi,  kamu harus menentukan jurusan di pilihan pertama yang paling sesuai dengan minat dan bakat. Pilih juga berdasarkan dengan prospek kerja yang kamu inginkan ke depannya. Dengan begitu, saat lulus kamu bisa bekerja dengan hati riang dan jadi pekerja yang andal.

Selain itu, bisa juga memilih jurusan  berdasarkan dengan tingkat persaingannya lebih ketat dari pilihan kedua. Cara mengetahui tingkat persaingannya, kamu bisa melihat dari j umlah pendaftar dan daya tampung jurusannya.

  • Jurusan Kedua

Pertimbangan dalam memilih jurusan kedua tetap perlu didasari dengan peminatan, hanya saja kamu masih belum memiliki bakat  yang maksimal di jurusan SBMPTN kedua tersebut. Kamu bisa memilih jurusan kedua ini dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan.

Pertimbangan lainnya untuk pilihan jurusan keduaialah memilih jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya sedikit lebih mudah dibandingkan pilihan jurusan pertama. Tujuannya adalah agar memaksimalkan peluang diterima pada pilihan kedua  kalau gagal di pilihan pertama. 

Hal itu dapat kamu buat pertimbangan saat memilih prodi nantinya. Sekian artikel mengenai cara cek daya tampung SBMPTN 2022 LTMPT kali ini. Semoga bermanfaat ya. Dan Semoga KITA semua lolos seleksi UTBK SBMPTN 2022. Jangan lupa bagikan ke temen seperjuangan kamu ya..

Post a Comment for "Lengkap! Cara Cek DAYA TAMPUNG SBMPTN 2022 LTMPT Terbaru"