Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama Dijamin Berhasil, Bahkan Pesan WA Sebulan Lalu!

Mahdaf Webs - Penggunaan WhatsApp terus meningkat, WhatsApp mengatakan kini sudah melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan. Dengan ada 100 miliar pesan dan 1 miliar panggilan yang dilakukan di aplikasi ini setiap harinya.

WhatsApp memang memudahkan kita dalam mengirimkan pesan. Dulu biasanya pake SMS, sekarang orang-orang beralih ke WhatsApp. 

Terkadang saat kita Whatsapp-an mungkin keliru atau salah kirim pesan ke orang lain. Atau mungkin ingin menghapus chat WA yang sudah lama sebab alasan tertentu. Maka hal yang kamu lakukan adalah menghapus pesan wa itu secara permanen. Namun, jika telah melebihi batas waktu yang ditentukan, maka chat itu tidak dapat dihapus untuk semua. 

Sebenarnya ada caranya nih buat menghapus pesan WhatsApp yang lama, chat kemarin atau chat bulan lalu, bahkan setahun yang lalu. Nah, gimana kalo ingin menghapus chat whatsapp yang lama lebih dari tujuh menit itu?

Tentu ada caranya, yang banyak orang belum mengetahui akan hal ini. Langsung saja, berikut kami jelaskan cara menghapus pesan WhatsApp yang sudah lama di Android maupun iPhone!

Ketentuan Hapus Pesan WhatsApp

cara menghapus pesan Whatsapp yang lama

Sebelum ke langkah-langkah hapus pesan WA yang lama, mari kita bahas penjelasannya dulu agar kamu mengerti dan berhasil kamu praktekan. 

Dikutip dari laman WhatsApp, menghapus pesan untuk semua orang memungkinkan kamu untuk menghapus pesan tertentu yang telah dikirim ke chat individual atau grup. Hal ini khususnya berguna jika kamu mengirim pesan ke chat yang salah atau ada kesalahan dalam pesan yang Anda kirim.

Jika kamu menghapus untuk diri sendiri, maka kamu dapat menghapus salinan pesan yang telah kamu kirim atau terima dari hapemu. Tindakan ini tidak memengaruhi chat penerima. Pesan kamu akan tetap terlihat di layar chat mereka.

Pesan yang berhasil kamu hapus untuk semua orang akan digantikan dengan tulisan:

"Pesan ini telah dihapus"

Selain itu, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memakai cara ini:

- Agar pesan dapat berhasil dihapus untuk semua orang, baik kamu dan lawan bicaramu harus menggunakan WhatsApp versi baru dan tidak memakai Whatsapp Mod atau GB.

- Penerima yang menggunakan WhatsApp untuk iOS mungkin masih memiliki media yang kamu kirim tersimpan di Galeri mereka, bahkan setelah pesan dihapus dari chat WhatsApp.

- Penerima mungkin telah melihat pesan kamu sebelum pesan tersebut dihapus atau jika penghapusan tidak berhasil.

- Kamu tidak akan menerima pemberitahuan jika menghapus pesan untuk semua orang tidak berhasil.

- Kamu hanya memiliki waktu sekitar satu jam setelah mengirim pesan untuk melakukan Hapus untuk Semua Orang Jika Tidak menggunakan cara yang akan kita bahas ini.

Baca Juga: Inilah Kelebihan Telegram DIbandingkan dengan Whatsapp

Langkah Langkah Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama

Bila sudah mengerti poin-poin dan penjelasan diatas, mari kita lanjut bahas ke tutorial menghapus chat WhatsApp yang sudah lama berikut ini.

Nyalakan Mode Pesawat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan mode pesawat atau airplane mode di smartphone. Kamu bisa mengaktifkannya lewat bar notifikasi atau melalui pengaturan.

Mode pesawat ini berguna untuk menoaktifkan jaringan selular maupun jaringan wifi.

hapus pesan whatsapp
Lihat waktu kapan pesan WAnya terkirim

Atur Waktu & Tanggal

Setelah itu, kamu masuk ke pengaturan tanggal dan waktu. Nonaktifkan zona waktu otomatis. Kemudian atur tanggal dan jamnya sama dengan waktu saat kamu mengirim pesan chat yang akan dihapus. Jadi kamu harus cek dulu ke WAnya.

Misal nih, Mahdaf akan menghapus pesan chat WA dengan si A. Nah, chat itu dikirim pada jam tiga tanggal lima. Jadi nanti ketika atur waktu dan tanggalnya di pengaturan harus sama cuma kasih waktu lebih dari satu menit, maka jamnya jadi jam tiga lebih satu menit tanggal lima, bulan sekian, tahun sekian.

Kalau mau hapus pesan beberapa menit atau jam yang lalu, cukup undurkan jamnya aja tanpa ganti tanggalnya. 

cara menghapus pesan whatsapp yang sudah lama hapus chat WA tanpa batas

Hapus Pesan Lama

Masih didalam mode pesawat. Setelah sudah mengganti jam dan tanggal. Masuklah ke aplikasi Whatsapp, kemudian pesan yang tadi atau dulu terkirim bisa di hapus. Pesan hari ini, pesan kemarin, pesan bulan lalu, bahkan pesan whatsapp yang setahun lalu.

Pilih chat yang akan di hapus, biasanya bisa di tandai dengan cara menekan lama chat nanti ada pilihan, delete for me atau delete for everyone - Pilihlah delete for everyone / hapus untuk semua orang.

menghapus pesan whatsapp

Pesan Berhasil Dihapus

Masih di mode pesawat, setelah berhasil menghapus pesan. Masuk ke pengaturan waktu & tanggal. Aktifkan zona waktu kembali, kembalikan pengaturan tanggal dan jam seperti semula.

Kemudian, masuk lagi ke Whatsapp dan nyalakan data selular atau wifi. Kemudian disamping chat yang dihapus tadi biasanya muncul simbol merah, klik disitu lalu pilih kirim ulang pesan.

cara hapus pesan whatsapp yang sudah lama hapus chat wa sebulan lalu

Kemudian tanda waktu di pojok pada pesan chat hilang dengan sendirinya. Dan selamat kamu sudah berhasil menghapus pesan whatsapp yang ada di hapemu dan lawan bicaramu.


Akhir Kata

Di beberapa kasus mungkin cara ini tidak berlaku kalau lawan kita menggunakan whatsapp pihak ketiga atau Whatsapp Mod. Beberapa mungkin pesan yang sudah sangat lama bisa dihapus untuk semua, namun di WA lawan bicara kamu belum terhapus.

Pasalnya WhatsApp sendiri membatasi waktu setelah pesan terkirim supaya bisa untuk dihapus untuk semua. Namun kamu bisa mencoba cara hapus chat whatsapp lama diatas ini, siapa tahu cara ini berhasil.

Ada juga artikel menarik lain dengan Whatsapp yang bisa kamu coba, yakni menulis pesan Whatsapp dengan ucapan suara!

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang cara hapus pesan Whatsapp di smartphone. Apabila ada kendala atau pertanyaan silakan berikan komentar dibawah ini mungkin saya bisa kasih solusinya. Sekian, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Lama Dijamin Berhasil, Bahkan Pesan WA Sebulan Lalu!"