Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Kelebihan Telegram yang Tidak Ada Di WhatsApp

Kelebihan telegram yang tidak ada di whatsapp

Mahdaf Webs - Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini banyak orang Indonesia memakai aplikasi pesan/chat milik Facebook, yakni
WhatsApp. Entah bagaimana WhatsApp banyak dipakai warganet, mulai dari berbagai kepentingan, seperti buat nge-chat si dia, buat tugas sekolah, buat kerjaan dan masih banyak lagi.

Mungkin banyak kelebihan dan manfaat dari WhatsApp sendiri. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengirim pesan gratis, video call-an, berkirim gambar/video atau lainnya. Selain itu, tampilan aplikasi ini telihat instan, simpel, dan sederhana.

Banyak orang nggak tahu ada aplikasi chat yang memiliki kelebihan dan fitur-fitur menarik yang tidak ada di aplikasi WhatsApp. Namanya Telegram, sebenernya banyak yang bisa dilakukan di aplikasi Telegram dibandingkan dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, Line, dll. 

Saya sendiri juga baru beberapa minggu memakai aplikasi telegram karena tertarik dengan berbagai fitur yang ada dalam aplikasi ini. Bahkan lebih dari sekedar aplikasi chatting.

Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan, kamu harus mencobanya. Berikut akan Mahdaf beri ulasan tentang kelebihan Telegram dibandingkan Whatsapp dan aplikasi pesan lainnya.

Kelebihan Fitur Telegram yang Tidak Ada di Whatsapp

Saya jelaskan hal apa saja yang bisa dilakukan ketika menggunakan aplikasi Telegram berikut ini. 
  • Privasi, Aman & Terenkripsi
kelebihan telegram daripada whatsapp

Selain bisa kamu nikmati secara gratis dan tanpa iklan, chatting di telegram sangat aman dan terenkripsi. Telegram lebih ketat dalam hal enkripsi , dari dulu hingga sekarang belum ada berita Telegram membocorkan data pengguna-nya.

Telegram lebih aman daripada WhatsApp dan Line. Telegram mendukung 2 lapisan enkripsi keamanan. Enkripsi server-client digunakan dalam obrolan cloud(Percakapan pribadi dan grup).  Sedangkan Secret Chat menggunakan enkripsi tambahan client-client.
  • Main Game
Bisa bermain game di Telegram, tinggal invite saja bot game yang ada di Telegram kita sudah bisa bermain game, biasanya game di Telegram dapat dimainkan dengan minimal 2 orang seperti UNO, Kuis Tebak Kata, Kuis Sambung Kata, dan bahkan juga ada Werewolf di Telegram. 
  • Bisa edit pesan yang telah dikirim
Di Telegram kita juga bisa mengedit pesan yang sudah kita kirim, Saya baru tau setelah googling apa saja keunggulan Telegram dibanding aplikasi sejenis, dan benar saja ternyata di telegram bisa mengedit pesan yang sudah kita kirim, fitur ini akan sangat membantu kita apabila sering typo, jadi kita tidak perlu untuk men-unsent chat tersebut
  • Secret Chat
Jika ingin percakapan mu aman, Telegram mempunyai fitur Secret Chat, walaupun fitur ini untuk sekarang hanya tersedia di versi yang mobile. Kamu tidak bisa screenshot saat memakai fitur ini. 
  • Bisa buat download video/musik dari YouTube
Salah satu yang saya suka adalah di Telegram ada banyak bot yang bisa bantu kita download video Youtube. Kamu cukup kirim link video-nya di chat, nanti kamu akan dikirimin file video/musik YouTube yang telah kamu kirim link-nya tadi. 
  • Stiker Telegram
Stiker di Telegram juga bisa digunakan secara gratis, bahkan ada channel penyedia sticker secara gratis yang tersedia di Telegram dan bentuknya pun unik2 serta dapat bergerak
  • Anggota grup bisa hingga 200rb akun

Berbeda dengan WA, maksimal anggota grup di Telegram bisa mencapai 200 Ribu.

  • Bisa buat Download film, drakor, series dll
Dapat mendownload Film, Drama Korea, Series atau sejenisnya, kita tinggal cari saja di ikon search kemudian kita cari Film, Drakor, Series yang kita inginkan, nanti akan muncul beberapa channel yang menyediakan terus kita join aja bisa deh langsung download
  • Berbasis cloud dan tanpa batas upload file
Bisa mengirimkan file dengan ukuran yang cukup besar, apabila di aplikasi sejenis terdapat limit size untuk file yang akan kita kirim maks 100 MB, di Telegram kita bisa mengirim file hingga 1,5 GB tentu akan sangat membantu apabila kita malas menggunakan e-mail. 

Membagikan  berbagai file, seperti foto, video bisa sampai 2 GB, dan tersimpan di cloud. Hal ini bermanfaat jika tidak ingin menyimpan file-nya di HP mu, dan tidak akan hilang kecuali dihapus.

  • Ganti tema sesuai keinginan
Bisa mengganti tema, sebenarnya ada fitur tema bawaan dari Telegram tetapi hanya terbatas. Dengan fitur ini kamu dapat modifikasi tema sesuai keinginan, bahkan sampai ukuran teks-nya bisa dirubah ingin yang lebih kecil atau yang lebih besar.
  • Fitur Auto night mode
Bisa menggunakan fitur Auto-Night Mode, di fitur ini kita dapat mengubah tampilan Telegram menjadi gelap secara otomatis dengan mengatur schedule yang kita inginkan, jika kita ingin menggunkana fitur ini secara otomatis di malam hari maka tinggal atur saja jamnya dengan cara: settings > chat settings > auto-night mode
  • Dapat diakses di semua perangkat
Fitur impor chat dari whatsapp ke telegram
Sumber: Wikihow
Tidak seperti WhatsApp, Telegram adalah aplikasi yang berbasis cloud dengan sinkronisasi tanpa batas, yang bisa membiarkan pengguna-nya berpindah device tanpa harus bergantung kepada smartphone agar bisa selalu terhubung, dan bisa diakses dari banyak perangkat sekaligus.

  • Banyak bot bermanfaat
Telegram juga memiliki bot API, sebuah platform untuk pengembang yang memungkinkan siapa saja dengan mudah membuat alat khusus untuk Telegram.
Ini juga menarik, kamu bisa download video, download film, translator, ubah gambar jadi pdf, convert video jadi musik dan masih banyak lagi. Semua itu bisa pakai bot Telegram.

  • Ada fitur channel dan folder
Mempunyai channel yang berguna untuk mengirim sesuatu seperti update dan bisa memiliki pengikut yang bisa melihat update tersebut.
Selain itu, mempunyai fitur folder, yang bisa membiarkan pengguna-nya untuk mengelompokkan grup, bot, pengguna yang lain, kanal sesuka hati-nya.

  • Nomor HP bisa disembunyikan
Berbeda dengan Whatsapp, Nomor teleponmu privasinya bisa diatur, ingin diperlihatkan atau tidak. Sebagai ganti nomor telepon, untuk menghubungi pengguna lain bisa menggunakan username. Username juga berguna  sebagai akses ke grup, channel maupun bot.

Tidak menyebabkan lemot saat banyak chat
Kelebihan telegram yang lain adalah tdak lemot disaat banyak chat maupun pesan. Hanya bergantung seberapa stabil koneksi Anda.

  • Fitur pinned message
Telegram memiliki fitur pinned message alias pesan tersemat, yang bisa membuat pesan penting agar tersemat di atas chat grup dan tidak tenggelam oleh pesan yang lain.

  • Bisa buat putar musik
Telegram bisa memutar musik di latar belakang seperti hal-nya aplikasi pemutar musik yang lain.

  • Dapat untuk streaming video tanpa download dahulu
Bisa untuk streaming video tanpa harus didownload terlebih dahulu sampai selesai(Untuk lebih detail-nya Saya kurang ngerti, tapi kata temen Saya hanya support untuk format video yang berupa .mp4 & .mkv, serta upload-nya melalui fitur media, bukan berkas.

  • Bisa pakai banyak akun
Kelebihan fitur Telegram
Sumber: idntimes

Telegram memiliki fitur multiple accounts, yang berguna untuk menggunakan banyak akun sekaligus dalam 1 perangkat saja. Maksimal akun yang dipakai dalam aplikasi ialah tiga.

  • Fitur pesan terjadwal
Memiliki fitur Schedule Message, yaitu fitur yang bisa memungkinan kamu untuk mengirimkan pesan terjadwal, ini akan sangat berguna bagi orang yang ingin tidak lupa ingin mengirim pesan apa di waktu apa.

  • Memiliki fitur Send Without Sound
Fitur yang satu ini cukup menarik,dimana kamu bisa mengirimkan pesan tanpa suara, ini berguna bagi kamu yang takut ingin mengirimkan pesan kepada seseorang, tetapi kamu tidak ingin menganggu mereka, seperti mereka sedang sibuk ataupun sedang istirahat, meskipun pihak tujuan menyalakan suara notifikasi-nya, maka saat diterima tidak akan bersuara.

  • Fitur save message
Memiliki fitur Saved Messages alias pesan yang disimpan, jika kamu ingin menyimpan sesuatu agar tidak lupa, fitur ini sangatlah berguna sekali, karena yang bisa melihat ini hanyalah kamu seorang.

  • Fitur pencarian yang lengkap
Akun, bot maupun channel bisa dicari di kolom pencarian meskipun bukan termasuk kontak yang disimpan, karena Telegram tidak bergantung pada nomor telepon.

Fitur pencarian-nya yang bisa meliputi pencarian secara global, yang arti-nya bisa kamu bisa mencari sebuah grup ataupun channel meskipun Anda masih belum atau tidak bergabung di kedua hal tersebut. Pencarian seperti ini hampir sama seperti yang ada di Facebook.

Selain itu, Fitur pencarian di dalam obrolan-nya yang bisa dipakai untuk mencari semua riwayat pesan dari seseorang saja.

Fitur pencarian di dalam obrolan-nya yang bisa mencari suatu pesan berdasarkan waktu.

  • Fitur edit gambar dan video
Fitur picture editor-nya yang lebih banyak daripada WhatsApp. Gambar bisa ditambah stiker yang beraneka ragam dan bukan emoji, Enchance-nya bisa diatur, Exposure-nya bisa diatur, Contrast-nya bisa diatur, dan bisa menambahkan blur, dan juga RGB-nya bisa dirubah. Lalu untuk yang video editor hampir sama dengan yang picture editor, hanya saja mempunyai tambahan yaitu bisa merubah resolusi, dan video-nya pun juga bisa dicrop.

  • Fitur People nearby
Fitur ini memungkinkan kita untuk mencari pengguna Telegram di sekitar. Namun fitur ini dipakai bukan menambah kenalan, malah digunakan untuk promosi salesperson yang cukup mengganggu.

  • Impor percakapan dari WhatsApp
Sekarang Telegram mempunyai fitur yang baru. Yakni bisa mengimpor percakapan yang ada di WhatsApp, yang jika memilih ekspor dengan media, maka batas pesan-nya sampai 10 Ribu, jika ekspor tanpa media, maka batas pesan yang diekspor bisa sampai 40 Ribu.

Yang menurut Saya ini sangatlah berguna sekali, apalagi karena WhatsApp menyimpan percakapan pengguna-nya di penyimpanan pengguna-nya sendiri, yang menurut Saya menjadi beban karena penyimpanan menjadi menumpuk.

Itulah beberapa kelebihan telegram dibanding whatsapp dan alasan memilih telegram daripada aplikasi yang lainnya. Apabila ada yang menambahkan bisa di share di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya.

Post a Comment for "Inilah Kelebihan Telegram yang Tidak Ada Di WhatsApp"