Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mana yang Baik? Inilah Macam-macam Jenis Case HP

macam jenis case hp terbaik
Mahdaf Webs - Penggunaan smartphone di Indonesia sudah sangat banyak, mulai dari anak-anak hingga lansia sudah punya HP. Disamping itu, aksesoris smartphone juga cukup laris, salah satunya adalah casing HP.

Seiring perkembangan zaman, case HP yang mulanya hanya berguna untuk melindungi HP sekarang menjadi pemercantik tampilan HP. Mulai muncul berbagai macam model desain dan karakter yang unik.

Banyak macam jenis case HP di pasaran. Saya kira dulu cuma satu jenis, ternyata banyak sekali jenisnya. Inilah yang terkadang orang tidak tahu, banyak orang asal beli silikon case HP tapi tidak tahu jenisnya. Perbedaannya mulai dari bahan, keawetan, perlindungannya dengan HP dan tentu kualitas & harganya.

Harga casing hp memang bermacam-macam, tergantung dari kualitas dan fitur yang dibawanya. Bila kamu telah berencana untuk membeli case hp, sebaiknya ketahui dulu berbagai jenis-jenis case hp yang ada di pasaran ini. Semoga setelah ini kamu bisa menemukan case hp yang tepat untuk smartphone milikmu.

Macam-macam Jenis Case HP

Berikut ini macam-macam jenis case HP.

Material-Material Casing Hp

Ada banyak jenis bahan material yang digunakan untuk membuat casing HP. Nah, untuk mengetahuinya, berikut ini jenis case hp berdasarkan bahan materialnya.

  • Alcantara
Alcantra adalah sejenis material casing khusus yang dibuat oleh perusahaan dengan nama yang sama. Casing alcantara ialah salah satu casing paling populer di pasaran. Alcantara mengombinasikan bahan pembuatan case lainnya, yaitu poliester dan poliuretan untuk membuat casing dengan tingkat perlindungan yang tinggi, stylish dan tahan lama.
  • Serat Karbon
Case ini umumnya memiliki berat yang ringan dan tahan lama. Casing serat karbon juga mempunyai tingkat perlindungan yang cukup bagus untuk HP. Casing serat karbon dijual dengan model dan gaya yang berbeda-beda.
  • Kulit
Case HP juga ada yang terbuat dari kulit. Barang yang terbuat dari kulit umumnya mahal-mahal (kulit asli ya). Selain keren, casing dari material kulit memiliki tekstur, fleksibilitas, dan  kelembutan y ang sangat bagus. Akan tetapi material ini tidak memberikan tingkat perlindungan yang sama dengan alcantara dan bahan casing lainnya.
  • Polyurethane
Merupakan material bahan sintesis ada varian keras dan lembut. Karena sangat fleksibel, casing polyurethane memiliki bentuk yang bermacam-macam. Material ini menawarkan tingkat perlindungan yang sangat baik untuk HP. Harga casing dari bahan ini umumnya dijual cukup terjangkau.
  • Kain
Jenis casing ini mungkin jarang kamu ketahui, tetapi nyatanya casing kain ini ada di pasaran loh. Tingkat proteksi casing kain mungkin tidak sebaik casing berbahan lainnya, tetapi casing jenis ini lebih menyenangkan untuk dipegang daripada casing yang lainnya. Casing kain juga akan cepat kotor.
  • Kayu

Casing kayu menawarkan tingkat perlindungan yang lebih baik daripada casing kain. Cas ing kayu juga tidak mudah kotor sehingga kita tetap nyaman menggunakannya. Hanya saja casing kayu (yang asli) mempunyai harga yang cukup mahal.

Jenis-Jenis Case HP yang Banyak Digunakan

Setelah mengetahui bahan materialnya, kini beralih pada jenis-jenis casing HP. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan baca ulasan berikut ini...

  • Casing Rugged

Casing Rugged adalah salah satu jenis casing terbaik yang bisa kamu pilih. Beberapa casing rugged premium memiliki desain dan banyak fitur menarik yang menawarkan perlindungan lengkap.

casing rugged hp
Sumber: Blibli.com

Casing ini dibuat untuk melindungi body hp dari kerusakan saat hp tidak sengaja terjatuh. Casing rugged mempunyai sudut dan kantong udara yang diperkuat agar tingkat perlindungannya tinggi. Selain itu, gripnya juga sangat bagus sehingga unit hp tidak mudah terlepas saat terjadi benturan.

Bahkan ada  juga casing rugged yang dibuat dengan standar militer AS yang mampu mengatasi berbagai jenis bahaya yang mungkin terjadi, seperti bahaya akibat hujan lebat, suhu dingin, suhu tinggi, lingkungan lembab, paparan pasir dan debu, getaran, guncangan, dan sebagainya.

  • Silikon Case


Secara fisik, tampilan silikon case ini sangat ramping, dengan tekstur nan lembut serta tipis. Benda ini pun cukup lentur dan menyatu pas ketika dipakai pada HP. Silicon case sendiri terbuat dari unsur kimia berlambang “Si” .

Penggunaan silicon juga cukup lumrah di masyarakat mengingat bahannya yang mudah diaplikasikan ke berbagai bidang mulai dari kecantikan sampai dengan elektronik, yang mana salah satunya ialah aksesoris handphone.

Akan tetapi dalam perihal perlindungan, silicon case terbilang buruk. Silikon case mudah melonggar dalam pemakaian lama, tidak dapat menghantarkan panas HP, warna cepat pudar, dan terpenting mudah sobek mengingat bahannya yang tipis.

  • Softcase 

Seperti namanya, case ini bertekstur lembut. Case ini pun terbilang sedang naik daun karena kelenturan bentuk serta kelembutan dan kekuatan uniknya dalam melindungi smartphonee.

contoh softcase hp
Sumber: jakartanotebook

Meskipun tipis, bisa dibilang Soft Case ini jauh lebih baik dalam melindungi handphone kamu ketimbang case berbahan silicon.

Sebab material softcase sendiri terbuat dari bahan bernama TPU (Thermoplastic Polyurethane) yang merupakan golongan turunan dari plastik. Hanya saja TPU lebih kuat, lentur, dan awet bentuknya. Ketebalan Softcase TPU ini pun beragam, ada yang setebal 0,2 s/d 0,3 mm.

Desain Softcase masa kini kebanyakan dilapisi tebal pada setiap ujungnya, supaya mampu melindungi setiap gadget dari benturan mendadak. Jadi bisa dikatakan lebih aman.

Selain itu, softcase sekarang bisa di kustom gambar sesuai keinginan pembelinya.

Bentuk case pun lebih awet dari masa ke masa, jadi tidak akan mudah longgar begitu pun dengan warna.

Lewat kelebihan itu, tidak heran bila di tahun 2018 Softcase biasa mau pun Softcase custom semakin banyak saja peminatnya.

  • Hard Case

Hardcase

Lawan dari softcase ya hardcase. Seperti namanya, case ini memiliki bentuk fisik yang keras, kaku, serta kuat dan baik dalam hal melindungi smartphone. Hal ini didukung dengan material utama dalam membuatnya, yakni Polycarbonate (PC).

PC merupakan bahan setara plastik, tapi lebih kuat serta solid dalam hal bentuk. Selain itu, material ini memiliki bobot yang ringan, serta andal dalam menghantar panas.

Bahan PC juga sangat bagus untuk urusan menyerap tinta, jadi banyak juga penyedia jasa Hardcase Custom gambar sekarang ini.

  • Fuze Case

Casing yang satu ini bisa dikatakan unik karena ia merupakan kombinasi dari bahan Silicon case, Hard Case, dan Soft Case.

jenis case hp fuze case
Sumber: Shopee

Maksudnya kombinasi disini diartikan seperti tampilan-nya yang keras pada bagian tengah case, sementara lentur bagian pinggirnya, dan bahan silikon pun melengkapi dengan melindungi bagian bezel- nya.

Soal proteksi atau perlindungan, Fuze Case terbilang cukup terampil karena ada perpaduan bahan kuat, lentur, tapi juga tipis.

Rekomendasi produk fuze case bisa kamu bikin DISiNi

  • Flip Case

contoh flip case
Sumber: Flickr
Flip case sebenarnya mirip seperti case-case sebelumnya hanya saja ada penambah berupa penutup case di bagian depan menyerupai cover/sampul buku yang dapat dibuka dan ditutup.

Untuk materialnya, Flip case ini sangat variatif, ada yang dari sejenis TPU, ada juga yang dari  kulit premium asli.

Untuk masalah perlindungan, Flip Case memang lebih baik dari 4 sebelumnya karena dapat menutupi seluruh permukan smartphone kamu dengan baik.

  • Paper Case

Case hp paper case

Untuk jenis yang satu ini sangat berbeda dengan yang lainnya. Karena paper case ialah kertas yang ada kustom desain gambarnya lalu diletakkan didalam case yang transparan seperti softcase. Hal ini cocok buat kamu yang sering bosan dan pengen gonta-ganti model desain pada case handphonemu.

Rekomendasi Case HP Terbaik

Dari sekian banyak jenis case, ada beberapa kesimpulan Mahdaf dalam memilih case mana yang baik buat kamu miliki.

Yang pertama ialah softcase, memiliki bahan yang lembut. Meskipun tipis, bisa dibilang Soft Case ini jauh lebih baik dalam melindungi handphone kamu ketimbang case berbahan silicon. Material softcase sendiri terbuat dari bahan bernama TPU yang merupakan golongan turunan dari plastik.

Softcase dibagi lagi menjadi dua, anticrack dan aklirik. Anticrack memakai TPU plastik. Jika kamu ingin kustom case gambar bisa banget pakai ini, gambarnya dicetak di atas softcase.

Sedangkan softcase aklirik itu hard  atau yang keras bagian atasnya saja. Selain itu ada yang dove (keset) dan glossy (licin).

Untuk yang kedua, 3d case atau hard case yang mana dalam dalam perlindungannya sangat kuat dan kokoh sebab memakai material PC yang kuat, keras dan kaku.

Jadi, setelah kamu tahu definisi dari jenis case HP dong, maka kamu pun sekarang sudah tahu Cara Membedakannya. Semua ada kelebihan serta kekurangan.

Akhir kata, itulah artikel kali ini yang membahas tentang macam jenis case hp. Semoga mengedukasi ya.. dan bermanfaat buat kamu...

Sumber: Ciptaloka, Quora

Post a Comment for "Mana yang Baik? Inilah Macam-macam Jenis Case HP"