Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERPUSTAKAAN ONLINE! 7 TEMPAT BACA BUKU ONLINE GRATIS Bahasa Indonesia Terlengkap 2021

perpustakaan online tempat baca buku online gratis bahasa indo
Mahdaf Webs - Seiring dengan berkembangnya teknologi, kamu tidak perlu membaca buku dengan membawa buku secara fisik. Buku ini adalah ebook atau buku digital yang bisa kamu akses melalui gadget kamu. 

Ada platform internet yang menyediakan tempat baca buku online gratis legal kok. Bisa disebut perpustakaan online sih, kamu bisa pinjam buku dan baca buku gratis sama seperti dengan perpustakaan secara nyata. Jadi kamu gak perlu lagi beli buku-buku yang cenderung harganya naik.

Di internet ada toko ebook atau buku online berbayar. Namun ternyata banyak juga situs baca buku online gratis bahasa indonesia kok. Koleksi bukunya pun terbilang lengkap, meskipun gratis kita tetap bisa pinjam buku sesuai keinginan. Buku yang disediakan juga beragam, mulai dari buku umum, buku resep, novel, lifestyle, magazine maupun komik.

Bermodalkan gadget saja, kamu bisa pake website atau aplikasi perpustakaan online gratis untuk menambah wawasan dan pengetahuan kamu.. Oke, langsung saja berikut ini tempat baca buku online gratis, baik aplikasi maupun situs website.


Tempat Baca Buku Online Gratis Terlengkap

Membaca buku berkualitas, gratis, sekaligus legal sudah banyak yang menyediakannya. Nah, Di mana saja, ya? Simak, berikut situs tempat baca buku gratis bahasa Indonesia!

  • 1. iPusnas

tempat baca buku online gratis

iPusnas ialah perpustakaan online yang dibuat oleh Perpusnas RI. Disini tersedia banyak koleksi buku berbahasa Indonesia. Dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan berbagai buku dan genre dengan Bahasa Indonesia. Uniknya, buku sastra kontemporer Indonesia juga dapat kamu temukan di sini dan bisa kamu baca secara legal.

Sistem peminjaman buku hampir sama dengan sistem perpustakaan. Kamu hanya dapat pinjam buku ketika ada yang sedang tersedia dengan batas waktu peminjaman satu minggu agar bisa gantian dengan pengguna lain. Aplikasi iPusnas sudah pernah dibahas secara lengkap dalam artikel sebelumnya.

  • 2. Google Book

Play Book on app store via indozone

Situs baca buku online gratis Bahasa Indonesia selanjutnya adalah Google Book. Biasanya sih semua smartphone android pasti ada aplikasi ini. Di Google Play Book ini tersedia buku gratis maupun buku berbayar. Koleksi buku sangat bnyak, mulai dari buku lokal Indonesia, buku terjemahan, buku aslinya, novel, buku resep, sampai buku tentang gaya hidup bisa kamu temukan di sini.

Aplikasi Google Play Book juga punya fitur buku audio yang bisa kamu dengarkan kapan saja, loh!

  •  3. iJakarta

perpustakaan online baca buku digital gratis
iJakarta via selular.id
iJakarta adalah platform perpustakaan digital yang dikembangkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Selain warga Jakarta juga bisa pinjam dan baca buku di aplikasi iJakarta. Memiliki beragam jenis buku dan genre.

Aplikasi ini memiliki desain yang menarik dan menyenangkan. Aplikasi ini pun tak berbeda jauh dengan iPusnas milik Perpusnas RI. Kamu bisa sharing quote buku di social media, dan berbagi buku kepada teman yang lain. Pastinya semua buku di sini legal dan gratis. 

  • 4. Gramedia Digital
tempat baca buku online gratis
Gramedia on App Store via indozone
Pasti sudah tidak asing lagi dengan Gramedia kan. Gramedia juga punya perpustakaan digital loh yang diberi nama Gramedia Digital. Kamu bisa dapatkan versi digital 100.000 koleksi buku dari berbagai penerbit, majalah, hingga koran.

Aplikasi ini pun membuat kamu bernostalgia dengan majalah atau koran edisi lama yang tidak tersedia edisi cetaknya lagi. Fiturnya juga banyak, mulai dari fitur zoom, pengaturan ukuran tulisan, penanda halaman, sunset mode, dan parental control.

Aplikasi ini gratis, namun agar bisa membaca seluruh koleksi yang ada di Gramedia Digital, kamu dapat berlangganan premium. 
  • 5. Wattpad

Wattpad tempat baca cerita buku online gratis
Wattpad sudah cukup terkenal karena genre yang ada cukup lengkap. Selain bisa menjadi pembaca Wattpad kamu juga bisa menjadi penulis. Jadi ketika kamu punya ide fanfiction, atau ide cerita lain kamu bisa membagikannya di Wattpad. Kebanyakan Wattpad berisi novel, sci-fi, fiksi, teen lit, detektif sampai genre horor. Tak heran, banyak juga penerbit buku yang mengambil cerita dari wattpad.

Wattpad bisa kamu akses lewat aplikasi maupun lewat situs web di wattpad.com.

  • 6. Storial.co

tempat baca buku novel online gratis
Situs baca buku online selanjutnya ada Storial.co, hampir sama seperti wattpad. Kamu bisa baca cerita novel disini dan menjadi penulis cerita. Untuk pembaca bisa mendapat reward, sedangkan penulis bisa mendapat royalti dari cerita yang ditulis.

Kanal ini bisa kamu pilih ketika ingin membaca buku-buku sastra kontemporer Indonesia. Pilihan genrenya pun beragam, mulai dari romance hingga sci-fi. Jadi kamu bisa pilih genre bacaan buku sesuai dengan keinginanmu.

Selain itu disini ada fitur audiostory yang memungkinkanmu mendengar cerita favoritmu dalam bentuk audio kapan pun dan di mana pun. 

  • 7. Novel Nusantara

Jika kamu pencinta novel buatan para penulis lokal, kamu wajib download aplikasi yang satu ini. Berbagai genre dari seluruh penulis Indonesia juga ada di sini. Situs cerita online ini juga membayar para penulisnya untuk setiap bab cerita yang dihasilkan. Hal ini cocok untuk kamu yang hobi menulis dan mencari penghasilan tambahan.

Terdapat sebuah game RPG di dalam aplikasi ini. Jadi semakin banyak kamu mereview buku, semakin banyak poin EXP yang kamu kumpulkan untuk naik level. 


Selain bisa baca buku gratis, kamu bisa mendapat hiburan dan menambah pengetahuan serta wawasan kamu. Akhir kata, itulah tadi 7 perpustakaan digital tempat baca buku online gratis dari berbagai genre. Semoga bermanfaat ya.. Nantikan artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "PERPUSTAKAAN ONLINE! 7 TEMPAT BACA BUKU ONLINE GRATIS Bahasa Indonesia Terlengkap 2021"