Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iPusnas, Aplikasi Baca Buku Online Gratis Terlengkap

tempat baca buku online gratis
Mahdaf Webs - Buku ialah jendela ilmu. Dengan membaca buku kita akan memperoleh wawasan dan pengetahuan tambahan.

Seiring dengan perkembangan teknologi, buku sekarang sudah bisa dibaca di gadget HP ataupun komputer. Atau istilahnya e-book alias buku elektronik. Adanya hal ini membuat kita bisa baca buku apa saja secara gratis tanpa membeli secara fisik. 

Namun, ada peredaran buku digital dari yang cuma-cuma sampai diperdagangkan dengan harga murah meriah di WA maupun sosial media lainnya. Hal itu ilegal, ada hak cipta yg dilindungi undang-undang.

Padahal, banyak platform yang menyediakan tempat baca buku online gratis legal. Dalam hal ini muncul beberapa perpustakaan online atau tempat pinjam buku online gratis yang bisa kamu manfaatkan.

Bermodalkan HP, tinggal unduh aplikasi perpustakaan tersebut. Cek ketersediaan buku, lalu pinjam. Dalam beberapa hari buku akan dikembalikan.

Salah satunya yakni Ipusnas, tempat baca buku online gratis yang disediakan oleh Perpustakaan Nasional RI. Mereka menyediakan aplikasi baca buku gratis atau aplikasi buku online yang bisa dipakai di Gadget kamu. Berikut ini ulasan lengkapnya..


iPusnas Aplikasi Baca Buku Gratis

aplikasi buku gratis
IPusnas ialah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Book store & e-Pustaka, membangun jaringan/komunitas sesama pembaca, dan juga tentunya sebagai e-Reader untuk membaca eBook. iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs, dan mobile (tersedia untuk iOS dan Android).

Satu akun disini bisa meminjam maksimal tiga buku dengan durasi tiga hari per buku. Setelah itu otomatis buku akan dikembalikan dan kalian harus me-request kembali untuk meminjamnya.

Ada ribuan buku gratis yang bisa kamu pinjam di aplikasi buku online ini. Kamu bisa mengaksesnya secara online maupun offline. Website ipusnas bisa kamu akses melalui ipusnas.id.

Fitur-fitur iPusnas

DIkutip dari Play Store, Beberapa fitur-fitur unggulan iPusnas berikut ini:

• Koleksi Buku: Ini adalah fitur yang mengantarkan kamu untuk menjelajahi ribuan judul ebook yang ada di iPusnas. Pilih judul yang kamu inginkan, pinjam dan baca hanya dengan menggunakan jarimu!

• ePustaka: Fitur unggulan iPusnas yang memungkinkanmu bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing, menjadikan perpustakaan serasa dalam genggaman.

• Feed: Untuk melihat semua aktivitas pengguna iPusnas lainnya seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain hingga memberikan komentar.

• Rak Buku: Merupakan rak buku virtual di mana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya, sehingga memudahkan kamu untuk membaca buku yang telah dipinjam.

• eReader: Fitur ini membuatgadget kamu dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas.

Cara Menggunakan iPusnas

  • Instal dulu aplikasi iPusnas dari App Store maupun Play Store.
  • Buka aplikasi iPusnas setelah terinstal, lalu daftar akun dahulu dengan memakai email atau pakai facebook.
    Setelah login, kamu juga bisa menambah teman.
  • Kamu akan dibawa dashboard. Dashboard terdiri dari beberapa fitur didalamnya antara lain profile, notification, balance, status badges, book to finish, list followers, list following.
aplikasi pinjam buku online
  • Buka bagian store library, atau e-pustaka atau mulai mencari buku untuk melihat koleksi buku dan meminjamnya.
  • Untuk meminjam buku, pilih buku lalu pilih pinjam, pustaka dan kemudian akan tersimpan dalam daftar bacaanmu. Setelah beberapa hari kemudian buku otomatis dikembalikan.
ipusnas aplikasi baca buku online

Perpustakaan Buku Online iPusnas

Perpustakaan atau library merupakan katalog buku serta berperan sebagai store dalam iPusnas. Library terdiri dari beberapa fitur berikut...

Search Book

Search book dipakai untuk melakukan pencarian buku. Untuk melakukan pencarian, silakan masukkan kata kunci dari buku yang ingin dicari.

Books Category

Untuk mencari buku berdasarkan kategorinya, klik salah satu kategori yang ada di samping kiri. Terdapat kategori buku umum, magazine, dan komik.

ePustaka

ePustaka ialah kumpulan instansi atau penerbit yang sudah bekerja sama dengan iPusnas. Perhatikan gambar diatas, didalam halaman ePustaka, terdapat beberapa list penerbit/instansi yang sudah bekerjasama. 

Book Detail

Untuk mengetahui detail dari suatu buku, pilih salah satu cover buku yang ingin kamu lihat. Setelah itu akan muncul detail informasi, yaitu judul buku, pengarang buku, ISBN, penerbit, tanggal terbit, rating buku, dan harga buku, synopsis, Want List (List yang menginginkan buku tersebut), is Read (yang sedang membaca buku tersebut), has Read (yang selesai membaca buku tersebut), review.

Selain sebagai perpustakaan online, iPusnas merupakan tempat bersosialisasi dengan antar pengguna. Kamu bisa menambah teman dengan saling follow. Kamu juga bisa meng-inbox antar pengguna dan ada juga status badges.Status Badges merupakan level baca user , ada beberapa level baca di iPusnas yaitu Newbie, Bookworm, dan Socializer.

Selain itu ia juga tempat baca buku atau e-ReadereReader merupakan fitur baca buku yang dilengkapi dengan TOC (Table Of Content), Change Font Style, Change Font Type, Line Spasing, Change Theme, Bookmark, Search.

Nah, Itulah ipusnas tempat aplikasi baca buku online gratis yang 100% legal. Jangan lagi ya mengedarkan e-book yang buku fisiknya masih dijual di toko-toko buku karena itu ada hak ciptanya. Lebih baik kita pinjam ke perpustakaan online atau aplikasi buku online seperti iPusnas ini.  Mereka sudah bikin perjanjian kok dengan penerbit untuk memberi hak para penulis.

Post a Comment for "iPusnas, Aplikasi Baca Buku Online Gratis Terlengkap"