Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA TUTUP AKUN INSTAGRAM Sementara dan Permanen Sekali Klik

 cara tutup akun instagram

Mahdaf Webs - Instagram sudah tidak asing lagi bagi kita. Media sosial ini bisa menyebabkan kecanduan dan bisa merusak kesehatan mental. Buktinya, penelitian dari JAMA Pediatric menunjukkan bahwa akibat medsos, 580 ribu anak muda melakukan percobaan bunuh diri di tahun 2007 dan meningkat 8 tahun kemudian dengan jumlah hingga 1,12 juta kasus.

Kamu sebagai pengguna dapat berhenti sementara untuk menggunakan platform media sosial ini atau bisa tutup akun IG permanen sekalipun. Akun Instagram bisa dinonaktifkan atau ditutup untuk sementara atau selamanya.

Trik ini bisa kamu pakai untuk kamu yang ingin menjauh dari media sosial dan hiruk-pikuk yang ada didalamnya. Tutup akun Instagram juga dapat kamu gunain ketika ingin fokus ujian atau hal lainnya.

Dalam artikel ini Mahdaf akan memberitahumu bagaimana cara tutup akun Instagram, baik untuk sementara atau permanen dengan mudah. Let's read!

Cara Tutup Akun Instagram

Sebelum tahu tutup akun IG, Pastikan username dan passwordnya kamu ingat, jangan sampai kamu lupa dengan password akun ig-mu sendiri.

Lakukanlah pencadangan foto pada akunmu, bila kamu membutuhkan foto-foto yang pernah kamu unggah. 

Pastikan juga kamu sudah yakin dengan keputusan dan alasanmu untuk menutup akun Instagram. Kamu bisa menonaktifkan akun kamu untuk sementara atau tutup akun permanen.

Cara nonaktifkan akun instagram atau cara tutup akun instagram ini sangat mudah sekali, berikut ini caranya. 

Cara Tutup Akun Instagram Sementara

Jangan khawatir, Cara tutup akun IG untuk sementara tidak akan menghapus konten atau komentar yang telah kamu unggah, termasuk “like” pada foto yang pernah kamu berikan.

Dengan menutup akun instagram sementara, profil, foto, komentar, dan privasi di akun instagram mu akan nonaktif dan tersembuni hingga kamu mengaktifkannya kembali dan masuk kembali sewaktu-waktu.

Untuk menonaktifkan Instagram sementara, tidak dapat dilakukan secara langsung lewat aplikasi. Melainkan pengguna hanya dapat menonaktifkan akun Instagram dari komputer atau dari  browser seluler.

Berikut cara untuk menonaktifkan sementara akun Instagram:

  1. Pertama kali, kamu wajib masuk dulu ke instagram.com di browser (saran saya pakai chrome aja), Jika di HP kamu bisa mengaktifkan 'situs desktop' dahulu.
  2. Lalu, klik foto profil pengguna di bagian kanan atas dan klik profil, klik lagi edit profil
  3. Geser ke bawah, dan temukan pilihan 'nonaktifkan sementara akun saya' di bagian kanan bawah
  4. Pilih alasanmu menonaktifkan akun pada pilihan “Why are you disabling your account?” atau 'mengapa menonaktifkan akun Anda?'  yang terdiri dari 10 pilihan berbeda, Bila selesai mengisi alasan dari menu dan memasukkan kata sandi, kamu baru akan bisa menonaktifkan akunmu.
  5. Lalu ketik ulang password-mu dan klik “Temporarily Disabled Account" atau 'nonaktifkan sementara'.
  6. Kamu akan segera dikembalikan ke halaman login Instagram dan tunggulah beberapa jam hingga Instagram berhasil menonaktifkan akunmu.

Menonaktifkan akun ini akan menyembunyikan Instagram kamu pengguna dari yang lain. Tidak ada orang yang dapat melihat akun Instagram pengguna, kecuali diaktifkan kembali. Kamu bisa mengaktifkannya kembali kapanpun kamu mau.

Cara ini lebih mudah dibandingkan dengan menutup permanen akun Instagram.

Baca Juga : Ini Kelebihan Telegram Yang Tidak Ada Di Whatsapp

Cara Tutup Akun Instagram Permanen via Browser

Pastikan kamu yakin dengan keputusanmu untuk menjauh dari media sosial Instagram. Pasalnya, jika kamu menghapus akunmu secara permanen, otomatis seluruh datamu akan terhapus, seperti foto, video, pengikut, akun yang kamu ikuti, bahkan semua akun yang menandai akunmu dalam foto mereka.

Bila memang ada foto berharga kamu bisa melakukan backup dahulu.

Jika kamu sudah yakin, lakukan langkah berikut ini:

  1. Buka link ini Delete Instagram Account di browser kamu.
  2. Login pada akun Instagram yang akan kamu hapus permanen.
  3. Pilih satu alasan menutup akun IG pada pilihan “Why are you deleting your account?”/ 'mengapa Anda menghapus akun anda?' seperti alasan terhadap privasi.
  4. Bacalah kembali konsekuensi yang akan terjadi setelah akunmu terhapus.
  5. Selanjutnya, ketik ulang password-mu dan klik “Permanently Delete My Account' / 'hapus akun'.
    Cara tutup akun IG permanen

  6. Kamu akan segera dikembalikan ke halaman login Instagram, selesai deh!

Cara Tutup Akun Instagram Melalui Aplikasi Permanen

Selain bisa menghapus akun melalui browser, ada juga cara tutup akun Instagram melalui aplikasi Instagram sendiri. Eits, bukan berarti kamu dapat segera menonaktifkan/menghapus akun melalui aplikasi ya, tapi Instagram menyediakan kemudahan bagimu untuk mengakses website penghapusan akun. Berikut ini adalah caranya:

  1. Buka Aplikasi Instagram, Pastikan kamu dalam keadaan sudah login di akun Instagram yang akan dihapus, klik profilmu.
  2. Klik tiga garis horizontal di pojok kanan atas.
  3. Pilih Settings atau pengaturan yang terdapat di barisan paling bawah.
  4. Lalu, Pilih Help / Bantuan --> Help Center /Pusat Bantuan.
    Cara tutup akun instagram permanen di aplikasi

  5. Kemudian kamu akan diarahkan ke browser halaman instagram.com, lalu pilih “Mengelola Akun Anda”/ 'Manage your account'.
  6. Di halaman selanjutnya, pilih “Hapus Akun Anda” / 'delete your account'.
  7. Pilih pertanyaan yang ingin kamu ajukan, lalu ikuti langkah yang diberikan. Haampir sama dengan cara yang diatas.

Bila cara ini tidak berhasil maka kamu bisa mencoba cara yang diatas, yaitu melalui browser langsung.

Perlu dingat dan dicatat, Menghapus akun Instagram secara permanen harus mengajukan permintaan ke pihak Instagram terlebih dahulu.

Namun, diperlukan waktu 90 hari atau jangka waktu 3 bulan, untuk menghapus semua postingan dan informasi pengguna, lalu akun instagram akan terhapus selamanya.

Saat pengguna menghapus permanen akun Instagramnya, maka secara otomatis profil, foto, video, komentar, like, dan pengikut akan dihapus total.

Pengguna juga tidak dapat mendaftar atau membuat akun dengan menggunakan nama pengguna sebelumnya ataupun menambahkan nama pengguna tersebut ke akun yang lain.


Bagaimana? sudah tahu kan cara tutup akun instagram secara permanen dan sementara? Semoga bermanfaat ya dan bila ada pertanyaan silakan berikan komen dibawah...

Post a Comment for "CARA TUTUP AKUN INSTAGRAM Sementara dan Permanen Sekali Klik"