Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MUDAH! CARA MENGECEK KEBERANGKATAN HAJI Via Web dan Aplikasi HP

cara mengecek keberangkatan haji cara melihat tahun berangkat haji
Mahdaf Webs - Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. Tak heran banyak umat muslim yang melaksanakan ibadah haji tiap tahunnya untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini. 

Setiap calon jamaah haji akan mendapat nomor porsi haji, nomor tersebut berguna untuk melihat kapan berangkat haji alias estimasi keberangkatan haji. Mengingat pendaftaran jamaah haji Indonesia yang tidak sebanding dengan kuota haji yang ada. 

Melihat kapan berangkat haji berguna untuk Anda bisa mempersiapkan segala kebutuhan haji, seperti pelunasan BPIH, serta pemantapan manasik haji. 

Anda bisa mengecek keberangkatan haji secara online dengan mudah di website maupun aplikasi. Langsung saja, berikut cara mengecek keberangkatan haji dengan mudah lewat aplikasi HP maupun website kemenag. 

Nomor Porsi Haji untuk Mengecek Estimasi Keberangkatan

Bagi yang sudah mendaftar haji, jemaah akan memiliki nomor porsi haji. Pengecekan perkiraan keberangkatan dapat dilakukan menggunakan nomor porsi, dimana nomor tersebut tertera dalam bukti setoran awal yang anda dapatkan saat mendaftar haji di bank.

Nomor porsi haji ialah nomor antrian keberangkatan haji, yang secara resmi dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI sebagai penyelenggara haji. Isi dari nomor tersebut adalah estimasi tanggal seorang calon jemaah haji bisa berangkat ke tanah suci, disesuaikan dengan kalender Islam dan Masehi. 

Diambil dari situs Kemenag, Ada beberapa ketentuan dalam nomor porsi haji. 

1) Perkiraan keberangkatan dapat berubah sesuai perubahan kuota provinsi/kab/kota/haji khusus dan perubahan regulasi; 
2) Perkiraan keberangkatan hanya dihitung untuk jemaah yang belum batal atau belum berangkat; 
3) Selama masa operasional haji, dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya untuk antisipasi jemaah yang akan berangkat. Selesai masa operasional, perkiraan berangkat semua jemaah dalam status poin 2 dimulai dari musim haji berikutnya; 
4) Jika nomor porsi anda mundur pada masa operasional haji, silakan cek kembali setelah masa operasional haji.

Dikutip dari Indonesiabaik, jika Anda jemaah haji plus, mintalah bantuan travel haji plus tempat Anda mendaftar, bila Anda belum dapat nomor porsi sebagai bukti legal, anda adalah jamaah yang terdaftar di Kementerian Agama. Dengan mendapat nomor porsi berarti Anda adalah jemaah haji kuota Depag Resmi (Haji non-kuota tidak ada nomor porsi).

Bagi Anda yang ingin mengecek perkiraan keberangkatan haji, bisa memanfaatkan fasilitas dari kemenag RI yang disediakan di website maupun di aplikasi Haji Pintar. Berikut ini cara mengecek keberangkatan haji. 

Baca Juga : Ternyata Google Diam-diam Mengetahui Info Tentangmu

Cara Mengecek Keberangkatan Haji di Aplikasi Haji Pintar

Selain bisa untuk melihat kapan berangkat haji, aplikasi ini juga berisi Panduan haji lengkap seperti manasik haji dan informasi lainnya.

  • Silakan install dahulu aplikasi Haji pintar di play store atau app store. 

  • Buka aplikasi tersebut, pilih informasi jemaah haji. 

haji pintar
Tampilan Haji Pintar via haji.kemenag.go.id

  • Masukkan nomor porsi haji Anda lalu cari.
  • Kemudian akan muncul informasi estimasi keberangkatan haji Anda. 


Cara Mengecek Keberangkatan Haji di Website Kemenag

Cara yang kedua yakni mengecek melihat keberangkatan Haji dengan website Kemenag. Hal ini cukup mudah mengingat anda tidak perlu mendownload aplikasi yang kemungkinan akan menambah penuh memori anda. Selain bisa dicek di laptop/komputer anda juga bisa mengecek via HP. 

  • Kunjungi website Kemenag RI Dirjen Penyelenggaraan Haji Umroh melalui link berikut ini
  • Di halaman estimasi keberangkatan ini, silakan masukan nomor porsi Haji Anda lalu klik cari. 
  • Sistem kemudian akan mencari dan menampilkan data estimasi keberangkatan Haji anda. 

Cara mengecek keberangkatan haji di hp cara melihat kapan berangkat haji di website hp
Mengecek via website di HP android

Bisa dilihat diatas antrian haji nomor porsi Jawa Tengah terakhir berangkat tahun 2048. Betapa panjangnya antrian haji di Indonesia.. 

Atau lebih jelasnya anda bisa melihat video dari Kemenag berikut ini. 


Catatan: Jika Anda tidak dapat melihat estimasi pemberangkatan calon haji, bisa jadi situs Kementerian Agama sedang dalam maintenance server atau server sedang penuh. Anda bisa melakukan cek porsi haji, nanti atau keesokan harinya.

Akhir kata, itulah cara mengecek keberangkatan Haji dengan mudah via aplikasi dan website Kemenag. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga ya... 

Post a Comment for "MUDAH! CARA MENGECEK KEBERANGKATAN HAJI Via Web dan Aplikasi HP"