Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 CARA CEK KK ONLINE Mudah, Cepat & Valid

 

cara cek kartu keluarga online  cara cek kk online
Sumber: jemberkab

Mahdaf Webs - Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki sistem pencatatan penduduk, untuk memudahkan identitas data keluarga, ada yang namanya KK atau Kartu Keluarga.

Kartu Keluarga merupakan bukti identitas keluarga yang kerap mengalami perubahan. Terutama, pada susunan nama ataupun pemisahan anggota keluarga. Untuk memeriksanya, pemerintah kini sudah  menyediakan layanan pendukung berupa pengecekan KK online.

Mengecek KK umumnya ditujukan untuk memastikan nomor dan validasi data yang tercantum pada KK. Mengingat, dokumen ini merupakan salah satu dokumen yang penting selain Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk cara cek Kartu Keluarga online, ada lima cara yang dapat dilakukan, seperti melalui website, email, WhatsApp, SMS dan media sosial. Seluruh alternatif bisa dipilih berdasarkan fasilitas yang dimiliki.

Dalam artikel kali ini, Mahdaf akan mengulas lengkap cara cek KK online dengan mudah yang dapat dilakukan dengan smartphone maupun laptop saja.

Cara Cek KK Online melalui Website

cek kk online via web kemendagri

Cara yang pertama ialah pengecekan melalui situs resmi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kemendagri. Cara ini sangat mudah, cepat dan privasi data aman. Berikut ini caranya:

  1. Buka browser (bisa pake chrome) dengan mebuka alamat website http://layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/.
  2. Silahkan masuk (login) dengan menggunakan Nomor HP beserta password (jika Anda telah mendaftar) . Jika belum punya akun, silahkan buat akun terlebih dahulu. 
  3. Pada kolom yang tersedia masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan benar. NIK bisa Anda lihat di KK ataupun KTP.
  4. Jika NIK telah terdaftar, maka data keluarga dalam susunan KK akan muncul. Sebaliknya, jika belum terdaftar maka pencarian tidak akan ditemukan.

Cek KK Online melalui E-Mail

Ilustrasi mengirim email

Memeriksa KK melalui surel atau E-mail dapat dilakukan dengan mengirim ke alamat email callcenter.dukcapil@gmail.com. Anda hanya perlu mengetik subjek berupa permohonan pengecekan KK, dengan badan email yang sesuai. Lalu, pastikan mengirim nomor NIK yang benar agar mempercepat pemeriksaan.

Baca Juga: Cara Mengirim Email di HP dan PC

Cara ini, terbilang cukup aman ketimbang melalui media sosial. Hanya saja, waktu untuk menerima balasan atau respon cukup lama yakni berkisar 24 jam. Agar lebih cepat mendapat respon, pastikan pengajuan dikirim pada hari dan jam kerja.

Cek KK Online melalui Whatsapp dan SMS

Cara selanjutnya adalah dengan mengajukan permohonan melalui SMS atau Whatsapp. Anda bisa mengirim pesan secara pribadi dengan beberapa format berikut ini:

NIK, nama lengkap, nomor telepon aktif, nomor Kartu Keluarga, dan keluhan. 

Tulis identitas dengan nomor yang akurat agar menghindari penolakan. Berikutnya, tulis secara detail keluhan berupa permohonan pengecekan.

Kemudian, kirim format tersebut ke nomor resmi Dukcapil di +628118005373

Untuk mendapatkan respon, Anda harus menunggu setidaknya 1 x 24 jam. Baik SMS maupun Whatsapp sama-sama membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cek KK Online melalui Media Sosial

Ilustrasi media sosial

Mungkin banyak orang yang belum tahu, jika media sosial bisa menjadi salah satu cara alternatif pengecekan KK yang akurat. Caranya adalah dengan menggunakan akun Facebook Halo Dukcapil atau Twitter dengan nama @ccdukcapil.

Supaya keamanan data dan privasi terjaga, pastikan mengirim permohonan pengecekan melalui pesan messenger atau Direct Message (DM). Pihak admin media sosial Dukcapil berikutnya akan memeriksa data yang diminta, dalam beberapa jam.

Kelemahan cek dengan cara ini adalah kemungkinan lambatnya admin dalam merespon dan privasi pesan yang kurang aman.

Beberapa cara cek KK online diatas dapat Anda pilih sesuai fasilitas dan kemudahan. Sebagai saran, opsi yang paling baik adalah melalui website saja atau SMS jika jaringan internet tidak memungkinkan. Pastikan pula media yang digunakan minim resiko dari pencurian data pihak tak bertanggungjawab.

Akhir kata, itulah beberapa cara cek kk online dengan mudah. Apabila ada kendala silakan berikan komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 CARA CEK KK ONLINE Mudah, Cepat & Valid"