Sharing Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

Segera Lindungi Mata Anda dari Radiasi Blue Light Smartphone! Menggunakan Aplikasi Ini..


Mahdaf Webs - Di era teknologi zaman sekarang, banyak orang yang tak lepas dari namanya gadget terutama smartphone.

Memang smartphone sangat memberi kemudahan bagi pengguna nya seperti berkomunikasi dengan teman yang jauh, mendapatkan informasi up-to-date, bermian games, atau banyak yang lainnya.

Namun tahukah kamu bahwa dibalik itu semua, smartphone juga membawa efek buruk dan membahayakan mata? Salah satunya adalah efek dari pancaran sinar biru atau radiasi blue light.

Sebagai efek dari pemakaian yang intens tersebut, pernahkah Anda merasa mata terasa perih dan kering meski berkali-kali Anda memberikan obat tetes pada kedua mata? Kondisi ini disebabkan dampak negatif sinar biru yang terpancar dari layar smartphone ke mata Anda.

Blue Light dapat menyebabkan kerusakan pada mata dan kelelahan mata. Perlu dilakukan penanganan sebelum mata anda menjadi rusak. Bagaimana Caranya?

Salah satunya adalah menggunakan aplikasi pelindung filter radiasi sinar biru.

Nah, Mahdaf kali ini akan membagikan beberapa aplikasi yang bisa melindungi mata anda dari pancaran radiasi sinar biru dari smartphone/tablet android dan sekaligus mengurangi pancaran sinar biru. Dan juga meminimalisir agar mata agar tidak cepat lelah,

Dan juga aplikasi yang saya sebutkan dibawah ini,  dapat membuat mata anda terasa lebih nyaman ketika berlama lama menggunakan smartphone/hp android.

Apakah Blue Light itu?

Sinar biru (Blue Light) merupakan pancaran sinar radiasi yang memantul dari layar gadget berteknologi seperti, tablet, smartphone, laptop, juga PC. Pada mulanya, sinar biru ini dibuat menyerupai komponen sinar matahari yang membuat manusia bangun dan beraktifitas pada pagi hingga siang dan pada malam hari bersitirahat.

Namun ada dampak buruknya ketika sinar biru ini tetap memancar pada malam hari, karena akan mengganggu siklus tidur dan membuat pengguna gadget semakin fokus terjaga.. ( eyevit.co.id)


Aplikasi Pelindung Mata dari Pancaran Sinar Biru Smartphone

Aplikasi ini cukup bermanfaat bagi kita karena dapat mengurangi efek radiasi dari sinar biru smartphone. Tetapi perlu diketahui aplikasi ini hanya mengurangi efeknya saja, jadi anda  masih perlu mengatur/menjaga mata anda supaya mata anda cukup istirahat.

Berikut adalah beberapa aplikasi Pelindung Blue light.

  • BlueLight Eyecare

image: internet
Pengguna Bluelight Eyecare dapat mengatur tingkat opasitas, kecerahan, dan warna. Fitur yang paling unik di aplikasi ini adalah Optimize yang mampu membuat baterai bertahan lebih lama. Sebuah fitur yang tidak diduga ada di aplikasi semacam ini.
Blue Light Filter for Eye Care 1.1.1 Health & Fitness by IGNIS APP STUDIO

  • Blue Light Filter for Eye Care


    Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang menawarkan fitur ini, salah satunya adalah Bluelight Filter for Eye Care besutan Hardy-infinity. Aplikasi ini lumayan banyak pengguna nya. Aplikasi ini dapat mengatur layar untuk mengurangi sinar biru dan membantu mata menjadi lebih relax. Dan juga dapat mengatur waktu, kapan filter blue light diaktifkan dan dinon-aktifkan. 
    Aplikasi ini dapat menyesuaikan warna layar Anda untuk mengurangi cahaya biru dan mengurangi kelelahan mata Anda dan masalah susah tidur. Penggunaan nya pun cukup mudah.
    Bluelight Filter for Eye Care 2.8.3 Health & Fitness by Hardy-infinity

  • Twilight
    image: internet

Aplikasi Twilight ini dapat secara otomatis menyesuaikan cahaya layar menurut waktu setempat. Apabila senja tiba, Twilight otomatis akan menurunkan cahaya layar sekaligus mengurangi sinar biru pada layar penyebab mata lelah. Aplikasi inilah yang saya pakai pada smartphone saya.

Jika anda seseorang yang aktif menggunakan smartphone di malam hari atau menjelang tidur, aplikasi ini patut kamu coba. Twilight mempunyai banyak fitur yang dapat kamu coba dan menyesuaikan setingannya dengan yang kamu inginkan. Aplikasi ini juga menyediakan versi berbayar dengan fitur-fitur yang lebih memuaskan.

Twilight 2.18 Health & Fitness by Urbandroid Team

  • Night Owl
image: internet

Aplikasi ini bisa dibilang unik, fitur utama aplikasi ini berguna untuk mengurangi blue light. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang lain, seperti Story, Light Effect, dan Flashlight.

Dari ketiga fitur itu, yang paling tidak ada hubungannya yaitu Story. Adanya fitur ini menjadikan Night Owl dapat berfungsi seperti media sosial. Jadi, kamu dapat update status dan pengguna lain bisa memberikan komentar ataupun like ke status yang kamu buat.
Night Owl-Bluelight Cut Filter 2.2.2 Health & Fitness by FineAppTech

  • Night Owl

Namanya sama seperti aplikasi diatas, tapi ini berbeda developer. Night Owl adalah aplikasi yang bisa mengurangi tingkat kecerahan layar perangkat smartphone anda, bahkan aplikasi ini dapat mengurangi kecerahan lebih rendah dari kecerahan default ponsel shobat. Aplikasi ini juga dapat menghemat daya tahan baterai ponsel/smartphone loh!

Selain itu, aplikasi ini juga fitur timer yang dapat memungkinkan anda untuk memasang timer dan mengaturnya secara otomatis kapan aplikasi ini dimulai dan kapan berhentinya.
Night Owl - Screen Dimmerr 2.18 Tools by evezzon

  • Eye Filter
    image: internet

Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini lumayan banyak dan menarik. Beberapa di antaranya bahkan tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis, misalnya fitur Shake Wake yang berguna untuk menonaktifkan filter dengan menggoyang smartphone.

Selain itu, adapun fitur Quick On yang berguna untuk memunculkan tombol Quick Buttons di status bar. Tombol ini berguna untuk mengaktifkan atau mematikan filter kapanpun, tanpa harus membuka aplikasi. Eye Filter juga memiliki fitur alarm yang berguna untuk penjadwalan filter secara otomatis.

Aplikasi ini kaya akan fitur, aplikasi ini juga tersedia secara gratis dan bebas dari iklan.
EyeFilter - Bluelight 1.4.0 Health & Fitness by Media Life Inc

Nah, itulah beberapa aplikasi untuk mengurangi pancaran radiasi sinar biru layar smartphone yang bisa kamu coba. Apakah kamu punya rekomendasi yang belum disebutkan? silahkan komen.. So, jangan lupa share ya!

banner : thetechnews.com

KeAtas