Sharing Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

Cara Membuat Hotspot di Laptop/Komputer Windows 7, 8, 8.1 &10


Mahdaf Webs - Apakah kamu memiliki teman yang sukanya hotspot-an atau Wi-Fi an ? Pasti ada kan ya.. Untuk sekadar browsing lah, nonton Youtube, eksis di sosmed, ataupun main game dan lain lain..

Nah, sebagai teman yang baik, pastinya kamu ingin membagi koneksi internet kepada teman kamu itu, tetapi koneksi internet kalian hanya terdapat di Laptop. Nggak usah bingung! sebenarnya laptop itu, bisa kamu gunakan untuk dijadikan Hotspot sama seperti smartphone Android.

Untuk membuat Hotspot kalmu hanya membutuhkan Command Prompt untuk yang windows 7, 8 dan 8.1. Dan untuk windows 10 lebih mudah lagi kamu bisa langsung menghidupkannya lewat pengaturan saja.

Nah bagaimana caranya membuat WiFi Hotspot di laptop atau komputer? simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Windows 

Oh iya, laptop atau PC yang akan kamu buat untuk hotspot, harus sudah memiliki koneksi internet, bisa memakai pakai modem internet ataupun melalui kabel ethernet maupun sambungan WiFi.

  • Untuk Windows 7, 8, dan 8.1

  1. Pastikan Laptop sudah terhubung internet.
  2. Buka Command Prompt (Run as Administrator) , bisa kamu cari di menu start. 
  3. Lalu ketikan " netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_SSID key=PASSWORD " tanpa tanda kutip. Ubah NAMA_SSID dengan nama Hotspot sesuka mu dan PASSWORD sesuai dengan keinginan
  4. Lalu tekan Enter.
  5. Kemudian kita jalankan virtual network adaptor, caranya ketik perintah di bawah ini pada command prompt  "netsh wlan start hostednetwork" lalu Enter hingga muncul tulisan "the hosted started network" yang artinya jaringan sudah aktif.     
  6. Setelah menjalankan perintah tersebut, cek di window Network Connection, harusnya sudah muncul adapter network baru. Lalu sharing koneksi internet menuju virtual adapter yang baru dibuat tadi. Bisa kamu buka melalui menu WiFi klik Open network and sharing center.
  7. Nah bila telah muncul Local Area Connection* 14, maka hotspot sudah aktif..

  • Untuk Windows 10

  1. Pastikan Laptop sudah terhubung internet.
  2. Buka pengaturan melalui tombol start pojok bawak kiri.
  3. Setelah pengaturan terbuka, pilih Network & Internet.
  4. Kemudian klik menu mobile hotspot.
  5. Klik Edit, dan masukkan network name dan password sesuka kamu dan klik save.
  6. Bila sudah, pilih share my internet connection sesuai dengan koneksi internet yang kamu gunakan. (saya memakai kabel ethernet).. 
  7. Silahkan klik On.. tunggu dan hotspot akan menyala...
Memang cara ini lebih mudah menggunakan Windows 10 untuk mengaktifkan hotspot di laptop, tapi sebenarnya ini mudah saja kok.

Ouh ya, Bila Hotspot sudah aktif, namun belum terkoneksi dengan internet. Ini dikarenakan hotspot tersebut belum mendapatkan sumber internetnya. Nah sumber internetnya adalah koneksi internet yang sudah terhubung di laptop kamu lalu kamu sharing ke Hotspot yang kamu buat.

Demikian tutorial Mahdaf untuk kali ini. Sekian dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa share ya!

Banner : youtube.com/watch?v=BuChiiPJeLQ

--------------- Bagikan Ke Socmed ---------------


0 Komentar untuk "Cara Membuat Hotspot di Laptop/Komputer Windows 7, 8, 8.1 &10"

Back To Top