Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Channel YouTube Dosen Buat Belajar IT dan Koding Gratis, Tanpa Kuliah Sekalipun!

Channel YouTube Dosen Informatika - Melek IT dan bisa koding adalah suatu skill yang sangat dibutuhkan dalam dunia digital saat ini. Banyak sekali orang yang kemudian ingin belajar lalu mengenyam pendidikan tinggi jurusan IT.

Namun, zaman sudah berkembang cepat. Orang yang tidak memiliki background pendidikan IT pun bisa saja menguasai IT dan koding secara otodidak. Asal ada niat dan kemauan saja, kamu bisa belajar di Internet secara gratis, melalui Google, bootcamp, course online, YouTube dan lain-lain. 

Di sisi lain, anak kuliah IT pun terkadang ada yang tidak bisa ngoding. Atau mereka hanya terpaku dengan materi perkuliahan, tidak diimbangi dengan terus update skill dan belajar melalui banyak platform. Tidak jarang, anak lulusan SMK tapi lebih jago desain atau kodingannya dibanding dengan anak kuliah.

Di zaman digital saat ini, semua orang memang harus bisa survive, meningkatkan value diri untuk bisa bersaing. Karena siapapun bisa menjadi apapun.

Di YouTube aja sudah banyak tutorial apapun yang bisa di akses kapanpun gratis. Tak jarang orang yang ahli di bidangnya pun berbagi ilmu disana. Salah satunya adalah para dosen.

Melalui channel YouTube dosen informatika ini, kamu bisa belajar ilmu IT atau ngoding, memperoleh insight baru yang tidak kamu tau sebelumnya, walaupun bukan mahasiswa sekalipun.

Sebagai sumber belajar, berikut Mahdaf akan mengulas beberapa Channel YouTube Dosen tentang IT dan Ngoding.

Baca juga: Hadapi AI & Robot, 5 Skill Penting yang Harus Dikuasai

14 Channel YouTube Dosen Tentang Belajar IT dan Programming 

channel youtube dosen informatika, belajar channel IT koding
screenshot channel YouTube Web Programming Unpas 

Berikut adalah beberapa dosen jurusan informatika dan mengelola dengan baik channel YouTube-nya. Baik bagi kamu mahasiswa yang ingin produktif  ataupun kamu yang tidak kuliah dan berminat pada IT bisa banget lihat konten mereka.

- Pak Sandhika Galih (UNPAS): 

Mungkin sudah banyak dari kalian yang mengenal channel yang satu ini, Web Programming UNPAS. Seperti namanya, Dosen YoTuber ini mengajar di Universitas Pasundan Bandung. Menariknya, selain menjadi dosen, beliau juga sering berbagi tutorial programming bagi pemula, membahas mengenai teknologi internet, dan pengembangan web atau web development.

Bagi kamu yang tertarik dalam pemrograman web, bisa nonton nih channel-nya. Tidak khusus mahasiswa informatika aja, walaupun bukan mahasiswa pun bisa belajar gratis.

 https://www.youtube.com/c/webprogrammingunpas

- Pak Setia Budi (Maranatha University): 

Channel bernama Indonesia Belajar bikinan dosen PhD di Australia ini juga tak kalah menarik. Beliau berbagi video dan podcast bersama pakar mengenai IT. Tentang internet secara umum, komputer, hingga pemrograman machine learning, cloud computing.

https://www.youtube.com/@belajaridn

- Pak Erico Darmawan (Maranatha University): 

Sama seperti Pak Setia Budi, Pak Erico Darmawan Handoyo adalah dosen IT di Universitas Maranatha Bandung. Beliau memiliki channel YouTube yang membahas tentang programming, khususnya dalam mobile programming dan game development. Beliau lebih sering berbagi tutorial memakai flutter (software buatan Google untuk mobile programming).

ttps://www.youtube.com/@ericodarmawan

- Pak Mega Bagus Herlambang (ITI): 

Melalui channel ini kamu bisa belajar bersama tentang kecerdasan buatan atau lebih dikenal dengan istilah AI (Artificial Intelligence). Selain itu, beliau juga berbagi ilmu tentang data science, pemrograman R, dan phyton. 

Pak Mega Bagus juga terkadang berbagi tentang perjalanan studi S3 saya di Groningen, Belanda dan tentunya video-video lain yang edukatif.

https://www.youtube.com/@megabagusherlambang

- Pak Sunu Wibirama (UGM):

Pak Sunu adalah asisten dosen pengajar di UGM. Dalam channel YouTube-nya, beliau berbagi banyak materi ilmu tentang machine learning, artificial intelligence, image processing, computer vision, user experience, dan statistika. Channel Pak Sunu adalah salah satu channel youtube yang bisa kamu pelajari dan ikuti bagi kamu yang pemula sekalipun.

https://www.youtube.com/@wibirama

- Pak Doddy Ferdiansyah (UNPAS): 

Berasal dari kampus yang sama dengan Pak Sandhika Galih, Pak Doddy juga seorang dosen YouTuber. Beliau lebih cenderung membahas tentang jaringan komputer, keamanan informasi, cyber security, linux dan lain-lain.

https://youtube.com/@DoddyFerdiansyah

- Pak Faqihza Mukhlish (ITB): 

Kelas Terbuka adalah channel belajar programming / pemrograman / ngoding / koding berbahasa indonesia dari seorang dosen ITB. Channel ini membahas teknik pemrograman secara umum beserta teknologi terkait dan teknik komputasi serta pengolahan data, seperti pemrograman java, c++, phyton matlab dll.

https://www.youtube.com/@KelasTerbuka

- Pak Muhammad Fachrie (UTY): 

Pak Fachrie adalah seorang dosen informatika yang berbagi video-video berupa tips ringan bagi mahasiswa Informatika untuk menjalani masa studinya. Beliau juga membahas tentang materi perkuliahan algoritma programan, Data Analytic & Data Mining, pengolahan citra digital, soft computing dll.

https://www.youtube.com/@KuliahInformatika

- Pak Dr Achmad Solichin (Universitas Budi Luhur): 

Pak Achmad Solichin, S.Kom., M.T.I menyajikan berbagai video berkualitas mengenai materi kuliah, tutorial, seminar dan inspirasi bidang ilmu komputer dan informatika. Setiap video disajikan dengan bahasa dan penjelasan yang mudah dipahami, bahkan untuk pemula. 

Beliau berbagi materi tentang Pemrograman Web, pengolahan Citra Digital (Image Processing), Algoritma & Struktur Data, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence), Data Mining / Manajemen Data, Machine Learning, Metodologi Penelitian, Pengembangan Game, dan banyak lagi.

https://www.youtube.com/@AchmadSolichin

- Pak Ipung Purwono (UHB): 

Pak Ipung Purwono dari Universitas Harapan Bangsa ini berbagi video pembelajaran mengenai pemrograman web php mysql, blockchain, phyton flask,  dan lain-lain.

https://www.youtube.com/@ipungdevacademy

- Pak Putra Prima Arhandi (Polinema):

Beliau berbagi materi tentang Flutter Laravel.Flutter Laravel adalah satu-satunya framework yang membantu kamu untuk memaksimalkan penggunaan PHP di dalam proses pengembangan website. PHP menjadi bahasa pemrograman yang sangat dinamis, tapi semenjak adanya Laravel, dia menjadi lebih powerful, cepat, aman, dan simpel.

https://www.youtube.com/@dosenNgoding

- Pak Onno W. Purbo (ITTS): 

Pak Onno, dosen dari Institut Teknologi Tangerang Selatan melalui channel YouTube-nya Onno Center senang berbagi video suasana saat mengajar di kelas. Beliau sering berbagi edukasi tentang komputer, hacking, dan cyber-security.

https://www.youtube.com/@OnnoCenter

- Pak Sirojul Munir (STT Nurul Fikri Depok): 

Dalam channel ini, kamu bisa mempelajari materi perkuliahan tentang pemrograman web dari Pak Sirojul Munir. Selain itu, ada juga materi tentang UI/UX, frontend, dan backend. Bahasa yang dipelajari antara lain ada CSS, HTML, Javacsript, serta PHP web framework.

https://www.youtube.com/@rojulman

Ada lagikah dosen Youtuber yang kamu tahu selain bapak/ibu dosen diatas? Atau punya dosen YouTuber selain yang disebutkan diatas? Boleh banget beri tahu kami di kolom komentar ya.

Tidak melulu melalui YouTube, ada banyak sumber belajar IT atau Ngoding yang bertebaran di Internet. Akhir kata, itulah beberapa dosen YouTuber yang bisa kamu tonton dan serap ilmunya. Semoga bermanfaat dan selamat produktif!

Post a Comment for "14 Channel YouTube Dosen Buat Belajar IT dan Koding Gratis, Tanpa Kuliah Sekalipun!"