Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadapi AI & Robot, Inilah 5 Skill Penting yang Harus Dikuasai Di Masa Depan!

Skill yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja Masa Depan - Seiring dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat dan akses informasi yang sangat mudah, banyak hal yang mengubah kehidupan manusia. Manusia dituntut untuk dapat beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Salah satunya adalah perubahan dalam dunia pekerjaan. 

Zaman dahulu orang tidak diwajibkan untuk bisa mengoperasikan komputer. Namun sekarang, kemampuan untuk mengoperasikan komputer merupakan basic skill yang harus bisa dikuasai, khususnya bagi pekerja kantoran. Bahkan saat ini, pekerjaan yang seharusnya memerlukan waktu lama untuk menyelesaikannya. Saat ini dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus keluar rumah atau work from home.

Disisi lain, berkembangnya mesin automasi dan Artificial Intelligent (AI) yang kian canggih diprediksi dapat menggantikan tenaga manusia dalam beberapa hal, misalnya saja pekerja pabrik ataupun kasir. World Economic Forum (2020) mempublikasikan prediksi terkait pekerjaan, yakni 85 juta lapangan pekerjaan akan menurun. 

Namun juga sebaliknya, ada 97 juta lapangan pekerjaan baru yang akan muncul di masa depan. Oleh karena itu, sebagai manusia harus mempunyai skill dalam menghadapi tantangan zaman supaya dapat bersaing dengan teknologi otomasi dan robot.

Skill dalam bahasa Indonesia berarti keahlian, atau kepandaian. Secara istilah skill memiliki arti kecakapan seseorang melakukan suatu hal, mencakup pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan hal-hal operasional. 

Skill dapat diperoleh, diasah, dan dikembangkan melalui pelatihan ataupun pengalaman kerja. Skill dibagi menjadi dua, yakni hard skill dan soft skill. Soft skill lebih cenderung kepada kemampuan berkomunikasi, sosial, dan kecerdasan yang berciri khas yang sulit dinilai dengan angka.Sedangkan, hard skill sendiri berarti suatu kemampuan yang spesifik yang bisa dinilai dengan angka serta perlu pelatihan khusus untuk mendapatkannya.

Baca Juga: 15 Website Berguna Banget Buat Pelajar dan Mahasiswa!

5 Skill Penting yang Harus Dikuasai di Masa Depan

skill masa depan skill yang harus dikuasai
Sumber: Unsplash
Dari pengertian di atas, dapat diketahui bahwa memiliki sebuah skill adalah hal yang penting ketika ingin terjun ke dunia kerja masa depan. Berikut adalah beberapa skill yang diperlukan dalam dunia kerja masa depan.

1. Problem-solving

Skill pertama yakni problem-solving atau memiliki pemikiran kritis dengan dibarengi dengan kemampuan memecahkan masalah dan memberi solusi. Tentu hal ini akan menjadi nilai plus, yang bisa membantu perusahaan menyelesaikan persoalan dengan tingkat kompleksitas yang berbeda-beda.

2. Global mindset

Sebagai generasi muda yang hidup di era digital, pemikiran mahasiswa harus memiliki standar yang tinggi. Misalnya, dalam menganalisa sesuatu tak hanya berpikir satu masalah saja namun dapat menganalisa apa yang akan terjadi dalam skala luas di masa depan. 

3. Leadership

Dalam dunia kerja, akan banyak ditemukan banyak bos atau atasan, namun tidak semuanya memiliki jiwa kepemimpinan. Jiwa kepemimpinan adalah orang yang memiliki keseimbangan antara kemajuan pekerjaan, simpati, empati, serta pemikiran yang selangkah lebih maju dibanding lainnya.

4. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk menerima, mengontrol, serta mengelola emosi diri dan orang lain. Bahkan untuk beberapa sektor, seperti bidang kesehatan dan bidang sosial, kemampuan ini akan selalu dibutuhkan.

5. Menguasai teknologi

Dunia kerja di masa depan tak lepas dari adanya teknologi. Di masa depan, banyak perusahaan yang akan mengantri untuk mendapatkan pekerja dengan skill bidang teknologi seperti Artificial intelligence, cloud computing, coding, ataupun UI/UX design.

Berikut ini adalah infografik sepuluh skill yang harus dimiliki seseorang dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Skill yang harus dimiliki menghadapi revolusi industri 4.0 (sumber: binus.ac.id)

Selain dari lima skill diatas, kemampuan diatas juga harus disempurnakan dengan pemikiran inovatif dan kreatif, pintar berkomunikasi, dan mampu bekerja secara tim. Terima kasih telah berkunjung di Mahdaf Webs. Semoga bermanfaat ya.


Post a Comment for "Hadapi AI & Robot, Inilah 5 Skill Penting yang Harus Dikuasai Di Masa Depan!"