Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu NFT? Yang Bikin Foto Selfie Ghozali yang Laku Miliaran!

Mahdaf Webs - Pernah denger kan? Seorang pemuda bernama Ghozali asal Semarang yang mendadak viral di media sosial?

Dikabarkan pemuda bernama Ghozali ini sukses meraih keuntungan miliaran rupiah berkat jualan foto selfie dirinya di situs Non-Fungible Token (NFT) OpenSea. 

Ghozali yang dikenal dengan Ghozali Everyday ini menjual foto-foto selfie-nya di depan komputer secara terus menerus selama lima tahun sejak ia berusia 18 tahun. Foto selfie ini dijadikannya sebagai produk NFT. 

apa itu nft opensea
Akun Ghozali yang menjual NFT di OpenSea

Tak disangka-sangka, foto selfie Ghozali mampu mengalahkan karya digital kreator lainnya. Satu foto Ghozali awalnya dihargai 0,001 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp48 ribu. Namun harga foto selfie Ghozali naik menjadi 0,28 ETH atau sekitar RP13,5 juta.  Mantap bukan?

Tunggu dulu, Apa sih itu NFT? Kenapa bisa mendatangkan uang miliaran? Oke, silakan simak uraian berikut ini.

Apa itu NFT?

NFT atau singkatan dari Non-Fungiable Token merupakan token atau aset digital yang dapat mewakili barang berharga dengan nilai tukar yang tidak bisa diganti. Dilansir dari Forbes, NFT menjadi sebuah aset digital yang menggambarkan objek asli. 

Umumnya, NFT berupa gambar, video, musik, hingga avatar dalam video game. Misalnya, karya seni musik atau lukisan yang berwujud di dunia  nyata bisa di-digitalkan melalui NFT. Karya itu memiliki nilainya sendiri. 

NFT menjadi token digital unik, sebab hanya ada satu dan tidak bisa digantikan. Sama seperti lukisan "Monalisa" yang tidak bisa digantikan dengan lukisan lain. 

NFT juga merupakan bagian dari blockchain ethereum untuk merekam transaksi secara digital. Data akan berisi informasi tentang pencipta, harga, dan histori kepemilikan aset NFT. 

Banyak sekali tempat menjual NFT di internet, yang paling terkenal ialah OpenSea. Disana kamu dapat menjual karya kamu mulai dari 0.001 ETH (mata uang kripto, etherum). Nilai 1 Etherum setara dengan Rp. 48,1 juta.

Kamu dapat mengupload karya kamu, entah itu foto, gambar ataupun video di pasar NFT. Untuk mulai menjual di situs NFT, Opensea, kamu harus mendaftar akun dahulu dan membuat dompet etherum serta dikenakan biaya gas sebesar 0.087 ETH kalo tidak salah.

Daftar Pasar NFT

Berikut ini beberapa pasar NFT yang bisa Anda temukan dilansir dari berbagai sumber:

1. OpenSea

OpenSea merupakan pasar NFT pertama dan terbesar di dunia saat ini. Dilansir dari BBC internasional, token NFT di OpenSea sudah terjual hingga jutaan dollar. Kamu bisa mengakses websitenya di opensea.io.

2. Rarible

Rarible adalah salah satu pasar NFT terbaik. Rarible menjadi   wadah para seniman dan kolektor untuk melakukan transaksi jual beli NFT. Platform ini memberikan kemudahan pada pengguna untuk mencetak NFT dengan biaya rendah. 

3. SuperRare

SuperRare merupakan pasar NFT berbasis Ethereum yang menampilkan  berbagai koleksi dan karya seni berkualitas tinggi. Situs ini bekerja sama dengan seniman untuk memastikan seni dan media kripto berkualitas tinggi terdaftar di pasarnya.  

Perkembangan teknologi memang telah membuat segalanya berubah. Aset digital pun menjadi incaran saat ini. Dengan demikian, kita sebagai manusia milenial harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dan memanfaatkan hal-hal positif yang ada.

Apakah kamu tertarik menjual NFT?

Sekian artikel tentang apa itu NFT  kali ini. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel informatif selanjutnya.

Post a Comment for "Apa itu NFT? Yang Bikin Foto Selfie Ghozali yang Laku Miliaran!"