Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Wilayah Yang Sudah Dijangkau Jaringan 4G


Mahdaf Webs - Apakah kamu sedang bimbang ingin membeli HP baru atau paket internet khusus 4G tetapi masih ragu mengenai wilayah yang sudah dijangkau oleh coverage 4G milik operator yang kamu pakai? Tenang, Trik pada artikel ini Mahdaf akan bahas cara mengetahui wilayah yang sudah dijangkau 4G dan trik bisa kamu gunakan untuk mengecek sinyal 4G semua operator, khususnya Telkomsel, Indosat, XL, 3, Smartfren.

Sebenarnya kartu 4G bisa dipakai di HP 3G, tetapi paket data 4G hanya bisa dipakai di HP 4G dan dalam jangkauan coverage 4G. Karena jika belum dijangkau 4G tetapi paket internet yang kamu pakai adalah khusus 4G akan terbuang sia-sia.

Nah, Berikut Cara Mengetahui Apakah Wilayah atau area kamu Sudah Dijangkau 4G atau Belum.

Cara Mudah Mengetahui Wilayah Yang Sudah Dijangkau 4G

Silahkan mengecek sinyal daerah/wilayah 4G kamu dengan operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3, Smartfren) masing-masing.

  • Kartu Telkomsel

Kunjungi https://www.telkomsel.com/explore/4g-coverage/ lalu pilih koa daerah kamu, secara otomatis website akan menampilkan daerah yang sudah dijangkau 4G pada area tersebut.

  • Kartu Indosat Ooredoo

Kunjungi https://indosatooredoo.com/coverage , lalu pilih kota kamu, area yang sudah mencakup 4G ditujukan dengan warna ungu seperti gambar diatas.

  • Kartu XL



Kunjungi 4g.xl.co.id/coverage lalu, ketik kota kamu dan geser maps ke wilayah kamu berada saat ini, jika maps menunjukan warna aura biru berarti wilayah dijangkau 4G dan gambar seperti gedung adsalah area dalam pembangunan 4G.

  • Kartu 3

kunjungi http://tri.co.id/coverage lalu centang bagian 4G saja, daerah yang sudah mencakup jaringan 4G akan ditandai dengan warna coklat.

  • Kartu Smartfren

Kunjungi http://www.smartfren.com/4g/web/coverage arena yang disudah dijangkau 4G ditunjukan dengan warna kuning kecoklatan.

Catatan : sebaiknya, kamu menggunakan PC/laptop daripada ponsel karena agar lebih leluasa dalam mengecek wilayah 4G.

Gimana? Apakah wilayah kamu sudah mencakup 4G? Kalau belum. Tunggu saja, 4G datang ke daerahmu.

Sekian, artikel kali ini. semoga bermanfaat ya guys!