Learning Science | Tips & Tricks Android, PC, Internet | Other

Today Is

Ekosistem

Mahdaf Webs - kali ini Mahdaf akan membahas tentang bab Ekosistem, meliputi pengertian ekosistem, komponen ekosistem, satuan-satuan ekosistem, hubungan antarkomponen ekosistem, aliran energi dalam ekosistem.

Hubungan timbal balik dan saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya dipelajari dalam ekologi (oikos =rumah, logos= ilmu). Hubungan timbal balik atau interaksi berlangsung baik antar makhluk hidup maupun antara makhluk hidup dangan lingkungan. Lingkungan beserta makhluk hidup yang mengadakan interaksi itu disebut ekosistem.

A. Pengertian Ekosistem

    Seperti yang disebut diatas, Ekosistem adalah suatu sistem kesatuan yang berbentuk antara komunitas organisme hidup dan faktor-faktor fisik lingkungan yang memengaruhinya. Ekosistem itu dikenal pula sebagai sistem lingkungan. Istilah ekosistem dikemukakan pertama kali pada tahun 1935 oleh seorang ahli ekologi Inggris bernama Sir Arthur George Tansley. Ekosistem terdiri dari benda hidup (faktor biotik) dan benda tak hidup (faktor abiotik). Interaksi antara faktor biotik dan abiotik mengakibatkan ekosistem tumbuh, berkembang dan mengalami perubahan. Ekosistem memerlukan energi, sumber energi utama untuk ekosistem adalah matahari.

    Berapa luaskah ekosistem itu? Kaleng bekas di kebun yang berisi air hujan, bakteri dan jentik nyamuk merupakan sebuah ekosistem. Akuarium yang berisi pasir, tanah, batuan, ikan dan tumbuhan air juga merupakan ekosistem. Kebun yang luas, sawah, sungai, danau, dan laut merupakan ekosistem. Jadi luas ekosistem tidak tentu. Ekosistem kecil berinteraksi membentuk ekosistem yang lebih besar. Ekosistem kaleng bekas di kebun dapat dipandang sebagai subekosistem dari ekosistem kebun. Ekosistem kebun merupakan subekosistem dari ekosistem rumah. Demikian seterusnya, hingga seluruh permukaan bumi dapat dipandang sebagai ekosistem yang san8gat besar atau disebut ekosfer. Lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup dikenal sebagai biosfer.

    Berdasarkan  proses terbentuknya, ada ekosistem alami dan ekosistem buatan. Ekosistem alami terbentuk tanpa campur tangan manusia, sedangkan ekosistem buatan terbentuk karena campur tangan manusia.

B. Komponen Penyusun Ekosistem
    Terdiri dari:
A. Komponen Biotik
B. Komponen Abiotik
Baca artikel selanjutnya Komponen Penyusun Ekosistem.

C. Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem
    Ekosistem tersusun atas populasi makhluk hidup dan lingkungan tak hidup. Hubungan antarpopulasi menyusun komunitas.
A. Populasi
B. Komunitas
Baca artikel selanjutnya Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem.

D. Hubungan Antarkomponen Ekosistem
    Di dalam suatu ekosistem terjadi hubungan saling ketergantungan antarkomponen penyusun ekosistem. Gangguan pada salah satu komponen ekosistem berakibat gangguan terhadap komponen ekosistem lainnya. Hubungan antarkomponen ekosistem meliputi hubungan antara komponen biotik dan komponen abiotik serta hubungan antarkomponen biotik.
   1. Hubungan antara Komponen Biotik dan Komponen Abiotik
       Keberadaan ekosistem abiotik dalam suatu ekosistem sangat memengaruhi komponen biotik dalam ekosistem tersebut. Begitu juga sebaliknya. Berikut beberapa contoh pengaruh komponen abiotik terhadap komponen biotik.
    a. Pengaruh air terhadap makhluk hidup:
    b. Pengaruh udara terhadap makhluk hidup:
    c. Pengaruh tumbuhan terhadap tanah dan udara:
   2. Hubungan Antarkomponen biotik
        Ada beberapa macam hubungan antarkomponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu simbiosis, kompetisi, predasi,            amensalisme, dan netral. Untuk lebih jelas anda dapat membaca Pola Interaksi Makhluk Hidup.

E. Aliran Energi Dalam Ekosistem
   


Demikian pembahasan kali ini tentang Ekosistem. Semoga Bermanfaat untuk anda. Salam.

sumber: 
- Istamar S, dkk. 2004. Sains Biologi SMP 1. Jakarta : PT Penerbit Erlangga.
-Tim Penulis. 2015. Semangat Meraih Prestasi IPA 1B. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Bagikan Ke Socmed!! :


Tag : Biologi, IPA
0 Komentar untuk "Ekosistem"

Back To Top