Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menstabilkan & Mempercepat Koneksi Internet di Komputer/Laptop Dengan CMD


Mahdaf Webs - Kamu pasti pernah mengalami internet tidak stabil, apalagi saat sedang download, streaming, main games, ataupun nonton Youtube. Tentu saja hal itu membuat kita jengkel karena pasti buffering melulu.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir mengalami hal seperti itu karena di sini Mahdaf sudah punya tipsnya buat kamu. Bagaimana caranya? Mudah kok! Berikut Cara Menstabilkan & Mempercepat Koneksi Internet di Komputer/Laptop Dengan Command Prompt.

Cara Menstabilkan Koneksi Internet di Komputer Menggunakan Command Prompt

  • Pastikan PC kamu sudah terhubung ke internet. Kemudian, Buka Command Prompt atau CMD dengan cara berikut:
- Untuk Pengguna Windows 8
Klik kanan pada Logo Start dan pilih Command Prompt (Admin).


- Untuk Pengguna Windows 7
Klik Start, ketik Command Prompt pada kolom pencari. Kalau sudah ketemu, klik kanan dan pilih Run as Administrator. Ingat! Pilih Run Administrator.
  • Apabila Command Prompt sudah terbuka, sekarang kamu harus melakukan pengecekan alamat IP.
  • Ketik ipconfig/all lalu tekan Enter, nanti akan muncul banyak sekali konfigurasi.


  • Lalu, cari DNS Server, kemudian catat atau ingat angka dari DNS Server tersebut. Dan biarkan CMD tetap seperti itu & jangan di-close.
  • Setelah kamu berhasil menemukan angka DNS Server-nya, langkah selanjutnya: Ketik ping –l 800 192.168.43.1 –t, lalu tekan Enter.
Keterangan:
- : Tanda Kurang
l : Huruf L Kecil
800 : Artinya data yang dikirimkan adalah sebesar 800 byte. Kamu bisa menggantinya sesuai keinginan.
192.168.43.1 : Angka DNS yang sudah didapatkan tadi.
t : Untuk memastikan agar koneksi tidak terputus.
  • Jika kamu sudah melakukan hal di atas dengan benar, maka akan muncul beberapa pesan balasan. Contohnya, kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini, itu tandanya koneksi internet kamu sudah stabil.

Ingat! Command Prompt harus tetap dibiarkan dan jangan di-close, jika mengganggu, maka kamu bisa minimize saja. Jika kamu sudah selesai menggunakan internet, maka kamu bisa close jendela Command Prompt dan koneksi akan kembali normal seperti biasa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menstabilkan & mempercepat koneksi internet dengan command prompt. Demikian, semoga bermanfaat! Jangan lupa share ya!